Seberapa luas alam semesta kita ? Apakah ada ujung nya ?


Kita semua tentu tau jika bumi kita berbentuk bulat. Namun, tidak hanya itu. Bumi kita juga tida sendirian. Karena, ada 8 planet lain yang juga mengelilingi matahari seperti yang dilakukan oleh Bumi kita ini. Lebih luas lagi, ternyata ada banyak bintang lain seperti matahari yang memiliki jarang sangat jauh dari Bumi kita.

Kita juga pasti setuju dengan alam semeste kita yang begitu luas  naman, pernahkah kita sadar atau penasaran dengan ujung alam semesta kita ? Apakah ujung alam semeste kita itu ada ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebenarnya, ujung semesta kita ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Namun, pada postingan kali ini, kami akan mengajak kalian untuk mengetahui seberapa luas alam semesta kita, kami akan mengajak anda berangan-angan untuk pergi dan berkeliling alam semesta kita. Yuk kita mulai.

Seberapa luas bumi kita ?

Sebelum kita pergi ke luar angkasa, mari kita bicarakan rumah kita. Yaitu Bumi. Tentu kita setuju ya jika rumah kita ini sangat luas. Yak, luasnya mencapai 510,1 juta km².

Seberapa lama kita bisa pergi ke Bulan ?

Bila kita lihat dari Bumi, bulan seakan dekat ya dengan bumi. Padahal, bulan sangat jauh jaraknya dari bumi. Yaitu sekitar 384.400. Bila kita pergi dengan mobil menuju bulan mungkin kita akan butuh waktu selama 160 hari.

Waktu yang bisa kita tempuh menuju planet terdekat ?

Perlu kita ketahui, mars merupakan planet terdekat. Walaupun terdekat, jangan sangka mars dekat ya dari bumi. Karena jarak nya dari bumi adalah rata-rata sekitar 225 juta km. Bila kita pergi menggunakan mobil mungkin butuh waktu sekitar 256 tahun loh.

Berapa jarak bumi dan planet terjauh ?

Saat ini, planet terjauh dari bumi ada neptunus. Jaraknya dari bumi sekitar 4.500 juta KM. Jauh sekali ya. Mungkin bila kita naik mobil, kita akan sampai setelah 5022 tahun loh. Hemm uda gk kebayang lagi ya gimana jauhnya.

Kenalan dengan wilayah Oort cloud.

Oort cloud merupakan sebuah kelompok  jutaan komet dan jutaan objek luar angkasa lain. Dimana matahari sebagai pusat dan bintang terbesarnya.

Local interstellar cloud.

Oortcloud sendiri merupakan bagian kecil dari local interstellar cloud. Disini kita akan mengganakan satuan tahun cahaya. Karena, cahaya merupakan objek tercepat yang pernah ada. Karena mencapai 1.079.252.848 KM/jam. Sungguh cepat bukan. Namun, bukan itu yang mengejutkan. Karena, ujung ke ujung dari local interstellar cloud ini mencapai 30 tahun cahaya loh.

Galaksi Bimasakti.

Selanjutnya, local interstellar cloud ternyata hanyalah bagian kecil dari sebuah galaksi bima sakti. Dimana dalam galaksi ada sekitar 100-400 miliar bintang seperti matahari. Selain itu, ada 800 miliyar -3.2 triliyun planet di galaksi bima sakti ini. Sungguh rak terbayang luasnya.

Local group.

Selanjutnya, galaksi bima sakti yang sangat luas dengan miliyaran bintang dan planet ternyata hanyalah satu dari 54 galaksi lain yang terkelompok menjadi local group.

Virgo supercluster.

Tidak berhenti di local cluster, karena local cluster hanyalah setitik kecil dari sebuah kelompok bernama virgo supercluster. Disini diperkirakan ada sekitar 2 eibu galaksi seperti bima sakti yang didalamnya ada banyak bintanh dan planet. Panjang dari ujung nya mencapai 110 juta tahun cahaya.

Laniakea supercluster.

Tidak berhenti disitu, ternyata virgo supercluster hanyalah bagian kecil dari laniakea supercluster. Disekala ini, diperkirakan ada lebih dari 100 ribu galaksi. Dimana dari ujung sampai keujung diperkirakan butuh 520 juta tahun cahaya.

Observable universe.

Kita belum sampai diakhir. Karena, laniakea supercluster hanyalah setitik debu super kecil didalam observable universe. Yaitu alam semesta yang dapat kita eksplor dan ilmu pengetahuan ketahui. Disana ada lebih dari 2 triliun galaksi. Disini sekaligus menjadi ujung pengetahuan manusia tentang alam semesta.

Multi Universe.

Namun, ada beberapa ilmuan yang menduga jika alam semesta kita tidak sendirian. Karena, ada alam semesta yang lain yang ujungnya menjadi sebuah misteri.

Nah, gimana ? Sungguh luas ya alam semesta ini. Dan mungkin, postingan kami kali ini tidak memberi tau dimana ujung alam semesta kita ini. Namun, dari sini kita bisa tau seberapa luas alam kita dan sebegitu kecilnya kita dibandingkan alam semesta ini.

Baik, semoga bahasan kami kali ini bermanfaat, dan terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *