Mengapa lele bisa mati karena garam ?


Kalian tentu pernah merasakan lezatnya ikan lele. Ikan yang mempunyai daya tahan hidup yang cukup kuat ini tenyata tidak mampu melawan garam yang lama kelamaan bisa mati. Nah, lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi ? Berikut tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang banyak di jumpai di indonesia. Ikan ini banyak sekali di budidaya di indonesia untuk di konsumsi dagingnya dan terdapat banyak sekali tersedia di warung - warung kecil hingga rumah makan megah. Hak tersebut dikarenakan minat masyarakat yang tinggi.

Dibalik itu, sudah banyak diketahui jika membunuh lele sangat lah mudah. Yaitu dengan larutan garam atau taburan garam saja. Dimana nantinya ikan akan menjadi bergerak - gerak dan mengeluarkan banyak lendir dan akhirnya akan mati dengan sendirinya. Hal tersebut sangat memudahkan para penjual untuk mengolah ikan ini. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi ?

Hal tersebut terjadi karena ikan lele merupakan ikan air tawar. Dimana pada habitat aslinya yaitu air tawar, ikan tersebut akan jarang sekali minum air. Karena terjadinya peristiwa osmosis. Dimana air akan masuk melewati kulit ikan dan masuk kedalam tubuh ikan.

Peristiwa osmosis terjadi karena adanya larutan pada tubuh ikan yang lebih pekat dan air tawar lebih encer. Sehingga air tawae akan senantiasa masuk kedalam tubuh ikan. Oleh karenanya, ikan lele akan lebih sering kencing dari pada minum.

Sedangkan saat dikasi air garam, akan terjadi sebalikya. Dimana larutan garam lebih pekat dari pada cairan didalam tubuh ikan lele. Yang membuat cairan tubuh ikan lele akan terus menerus keluar dan membuat lele dehidrasi dan lama kelamaan mati.

Lalu mengapa lele tidak minum untuk mengganti cairan yang keluar ? Hal tersebut dikarenakan lele belum dan tidak cepat beradaptasi. Yang semula dilakukan adalah sering kencing, maka saat ada di dalam garam atau air garam lele harus minum. Namun lele belum paham dan tidak mampu beradaptasi.

Nah itu dia temen - temen sebab nya mengaoa ikan lele mati bila di kasi garam. Yaitu karena terjadinya sifat osmosis dan membuat cairan lele keluar dan dehidrasi. Baik, terimakasih sudah membaca postingan kali ini dan semoha bermanfaat. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *