Sungai terpendek didunia


Sungai dianggap sebagai sumber air tawar terbesar di alam semesta. Dimana sungai membentuk sebuah aliran yang memanjang. Dari sumber mata air yang lebih tinggi menuju yang rendah dan berahir di laut. Walaupun air sungai membentuk memanjang, namun tahukah kalian jika ada sungai terpendek di dunia ini ? nah untuk itulah tim info-mnarik akan merangkum beberapa sungai terpendek yang ada di dunia kita ini.

1. Sungai Reprua, Georgia/ Int


Sungai Reprua adalah sebuah sungai dengan panjang hanya 18 meter saja. Sehingga membuat sungai menjadi sungai terpendek di dunia. Lokasi sungai ini berada di Distrik Gagra Georgia. Sungai ini berhulu dari mata air pada sebuah kars Gua Varonya yang memang dekat dengan laut dan langsung bermuara di laut hitam.

2. Sungai Tamborasi


Sungai Tamborasi merupakan sebuah sungai yang berada di Kolaka tepatnya Sulawesi Tenggara, Pulau Sulawesi, Indonesia. Sungai ini hanya memiliki panjang 20 meter dengan lebar mencapai 15 meter. Dengan lebar 15 meter membuatnya terlihat seperti danau. Namun, sungai merupakan air yang merngalir dan sungai ini pun demikian. Bahkan, sungai ini memiliki air terjun dan telaga. Air sungai ini berwarna jernih kehijauan. Namun, bukan itu yang unik. Yaitu, mitos tentang perjodohan. Beberapa masyarakat meyakininya ketika datang dan mengikatkan tali pada akar pohon di sana maka hubungan Anda bersama pasangan akan langgeng, sedangkan untuk yang belum berpasangan akan segera mendapatkan jodohnya.

3. Sungai Ombla


Sungai Ombla merupakan sungai dengan panjang 30 meter saja. Dan membuatnya menjadi sunga terpendek ke 3 di dunia. Sungai ini berlokasi di dekat kota Dubrovik, Kroasia. Perlu kalian ketahui, Sungai Ombla menjadi pusat air bersih bagi penduduk kota Dubrovnik dengan aliran yang tidak begitu deras denga warna air yang berwarna biru.

4. Sungai Roe


Sungai Roe ini merupakan sungai dengan panjang hanya 61 meter saja. Dan membuat sungai ini menjadi sungai terpendek keempat di dunia. Lokasi sungai berada di Montana, Amerika Serikat. Sungai ini berhulu di mata air Giant Spring dan sungai ini bermuara di sungai Missouri. Berbeda dengan sungai lainnya, sungai ini tidak sampai ke laut lepas. Tapi hanya berakhir di sungai lain.

5. Sungai “D” River


Sungai “D”  ini merupakan sungai dengan panjang hanya 134 meter saja. Dan juga masuk sebagai salah satu sungai terpendek di dunia dengan posisi ke lima. Lokasi sungai ini berada di Lincoln City, Amerika Serikat. Sungai ini mengalir dari Danau Devils dan bermuara di Samudra Pasifik. Dan yang unik, selain aliran nya yang pendek, nama sungai ini juga pendek.

Nah itu dia temen – temen beberapa sungai terpendek yang ada di dunia ini. Semoga apa yang kita bahas kali ini dapat memberikan wawasan baru dan manfaat. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *