Memulai bisnis dengan modal kecil.

Pekerjaan yang paling mudah kita dapatkan adalah berusaha mandiri. Namun, tentu tak akan semudah seperti membalikkan telapak tangan ya. Karena dari kemudahan itu kita justrus banyak tantangan yang harus kita lalui dengan penuh rasa sabar dan kesungguhan.

Salah satu tantangan yang sangat berpengaruh dalam usaha adalah modal. Namun, tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar. Apalagi untuk kita yang akan baru memulai. Yuk, simak bahasan kami kali ini yang akan membahas saran sekaligus contoh untuk memulai bisnis dengan modal kecil.

Mulai dengan tempat seadanya namun layak.

Tempat memang akan mempengaruhi bagaimana usahamu akan berjalan. Terutama bagi pengusaha dibidang kuliner. Namun, cobalah berpikir untuk membuat tempat yang sederhana tapi tetap bersih dan nyaman. Walau begitu, usahakan untuk mempertahankan kualitas dan cita rasa masakan kalian. 

Bagi kalian yang ingin berusaha di bidang jual beli, kalian bisa saja tidak memerlukan toko atau tempat. Kita bisa mendapatkan pembeli dari promosi gratis melalui media sosial dan juga internet.

Intinya, mulailah dengan memaksimalkan peluang dengan tempat sederhana, namun tetap bersih dan nyaman untuk pengunjung. Serta, maksimalkan internet. Setelah usaha kalian mulai berjalan, jangan lupa investasi dengan memperluas tempat dan memperbagus tempat usaha kalian ya.

Mengurangi fasilitas pendukung namun bisnis tetap berjalan.

Fasilitas pendukung memanglah penting untuk menjalakan bisnis. namun, kalian bisa mengurangi atau menunda dulu pembelian fasilitas tersebut untuk meminimalisir modal. apalagi saat pertama kali memulai usaha. namun tentu saja bisnis harus tetap berjalan ya.

salah satu contohnya adalah kulkas di restaurant atau tempat makan. Untuk permulaan, kita bisa membeli es batu saja. Saat usaha kita mulai jalan dan memiliki uang lebih, saat itulah kita bisa investasi untuk membeli kulkas.

Jangan selalu mengandalkan tenaga orang lain.

Mengandalkan tenaga orang lain artinya kita membayar sesorang untuk menjalankan bisnis kita. Ya, karyawan. Bila kita belum kesulitan untuk melakukannya sendiri, mulailah untuk melakukannya sendiri. Selain bisa memantau sendiri kegiatan bisnis kita, kita juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar orang lain.

Saat bisnis kita mulai berkembang, dan kalian sudah mulai kerepotan mengurus bisnis sendirian, saat itulah waktu yang tepat untuk menerima pegawai baru. Namun, pengawasan tetap perlu kita lakukan agar kita tau perkembangan bisnis kita.

Menggunakan usaha loncatan.

Bila ide usaha kita  memang harus memerlukan biaya yang sangat besar, kita bisa mengakalinya dengan berbisnis atau ber usaha dengan yang membutuhkan modal kecil dulu. Setelah memiliki uang yang cukup, barulah kita mewujudkan bisnis impian kita.

Salah satu contohnya adalah bisnis toko bangunan. Tentu membutuhkan modal besar bukan ? Nah, dari situ kita bisa memulai dengan menjual barang-barang yang murah terlebih dahulu. Seperti paku, kawat, kabel, dan peralatan listrik lain dengan modal kecil.

Setelah berjalan dan berkembang, barulah kita mengembangkannya dengan menyediakan semen, pasir, batu, aneka jenis kayu bangunan, bahkan membeli truck dan mobil operasional untuk mendukung dan mengembangkan bisnis kita.

Nah itu dia temen-temen beberapa saran yang dapat kalian pertimbangkan untuk memulai bisnis impian namun dengan modal yang minim. Baik, semoga bahasan diatas bermanfaat. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan share juga ya. Terimakasih :) 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *