Mengapa jerawat muncul pada saat remaja ?


Sampai saat ini, jerawat memang menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi setiap orang. Baik laki-laki maupun perempuan. Terutama saat mulai memasuki masa remaja. Namun, pernahkah kalian berpikir mengapa jerawat sering muncul saat masa remaja ? oleh karena itu, tim info-mnarik akan membahasnya untuk kalian.

Faktor utama penyebab tumbuhnya jerawat adalah hormon androgen. Dimana hormon ini muncul pada saat seseorang memasuki masa pubertas. Yaitu pada umur kurang lebih 14 tahun. Oleh karena itu, sekita 85 persen remaja pernah mengalami masalah jerawat ini. Baik kondisi jerawat yang parah maupun kondisi yang ringan saja.

Secara alamiah, hormon androgen memang akan meningkat dalam tubuh seseorang pada saat masa pubertas. Hormon ini kemudian akan memicu kalenjer sebum pada kulit muka untuk mengeluarkan minyak berlebihan. Sehingga membuat kulit wajah akan menjadi berminyak.

Hal tersebut membuat minyak dan sel kulit mati akan menyumbat foliker rambut serta pori – pori kulit wajah remaja. Itulah yang membuat tumbuh nya jerawat pada saat remaja yang sedang mengalami masa pubertas.

Selain masalah hormon, masa remaja merupakan masa yang sedang mencari jati diri. Oleh karena itu, masa remaja akan sering berada di luar ruangan karena aktif melakukan hobi masing – masing. Hal tesebut membuat wajah menjadi lebih kotor. Atau menyentuh muka dengan tangan yang kotor.

Muka yang kotor, debu, bakter dan kotoran lainnya dapat menyumbat pori – pori dan foliker rambut pada kulit wajah. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab tumbuh nya jerawat pada saat remaja.

Oleh karena itu, untuk menghindari jerawat pada saat remaja, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan juga mengurangi makan dengan lemak berlebih. Dan usahakan jangan menyentuh wajah kalian pada saat tangan kotor.

Nah itu dia jawaban mengapa saat remaja rentan terkena jerawat. Baik, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai disini dulu dan sampai jumpa di postingan lainnya. terimakasih sudah membaca postingan kami :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *