Cara menentukan bisnis yang cocok dengan daerah kita.

Salah satu pekerjaan yang paling mudah kita dapat adalah dengan berwirausaha mandiri. Karena, kita tidak perlu mencari lowongan kesana kemari seperti saat kita ingin menjadi karyawan.  namun, mengapa kebanyakan orang masih bersusah payah untuk menjadi karyawan ?

Hal tersebut dikarenakan, berwirausaha tidak semudah yang kita bayangkan. Karena disana kita butuh modal, kemauan, kesabaran, dan juga pintar melihat peluang. Nah, kali ini kami akan mencoba untuk membahas peluang usaha yang mungkin cocok dengan daerah kita. Yuk kita simak sama-sama.

Ada beberapa hal yang kita harus perhatikan untuk menentukan jenis usaha yang cocok dengan daerah kita. Seperti dibawah ini.

Melihat masalah yang sering terjadi di daerah kita.

Perlu kita ketahui, kebutuhan setiap orang berawal dari sebuah adanya masalah. Dan jika sudah butuh, tentu banyak orang yang membutuhkan kita. Salah satu contohnya adalah di pedesaan yang susah memasarkan hasil kebun dan pertanian mereka.

Kita bisa hadir disana dengan membeli hasil tani dan kebun mereka dan menjualnya kekota. Atau bisa juga menghadirkan transportasi untuk pergi kekota mengangkut mereka untuk menjual sendiri hasil kebun dan pertanian mereka di pasar yang ada di kota.

Menentukan daya beli masyarakat sekitar.

Selain melihat peluang, kita juga harus menentukan kisaran biaya atau harga yang harus mereka bayar terhadang produk atau jasa kita. Kira-kira, masyarakat sekitar mampu atau tidak.

Salah satu contohnya, kita tidak mungkin membuka cafe dengan tempat yang mewah dan makanan yang mahal di daerah atau pemukiman desa atau tempat yang pendapatan nya tidak terlalu tinggi. Tentu hal tersebut membuat peluangnya sangat kecil ya.

Hal tersebut berbeda saat kita membuka cafe bagus di daerah perkotaan di dekat perumahan yang cukup elit atau kampus besar yang masyarakat sekitarnya memiliki pendapatan yang cukup tinggi. Tentu mereka tidak akan ragu mampir ke cafe kita.

Mencari ide-ide usaha yang ada di daerah lain.

Riset atau mencari tau ide-ide usaha yang ada didaerah lain sangat membantu untuk memberikan masukan kepada kita. Kemudian, kita pikirkan apakah cocok untuk kita terapkan daerah kita. Walaupun, dengan beberapa modifikasi yang perlu kita lakukan agar sesuai dengan daerah kita.

Melihat pesaing yang ada di daerah kita.

Faktor yang juga cukup penting adalah pesaing. Kita harus melihat pesaing yang ada di daerah kita. Pesaing yang terlalu kuat dengan modal yang besar mungkin akan menghambat laju usaha kita. Namun, jika kalian mau berjuang, sialhkan saja ya.

Memberikan kelebihan dan keunggulan dibanding pesaing.

Bila kita di daerah kita memang ada pesaing, kita harus menunjukkan kelebihan yang ada pada usah kita. Kita juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan agar usaha kita menjadi pilihan dibandingkan pesaing.

Salah satu contoh yang paling lumrah adalah kita jual lebih murah. Namun, ada banyak kelebihan yang bisa kita pilih. Seperti kualitas yang lebih baik, jam buka lebih lama, cepat dan tanggap dalam melayani pelanggan, dan juga banyak kelebihan-kelebihan lain yang bisa kalian pilih.

Nah, itu dia temen-temen beberapa faktor dan saran yang mungkin bisa kalian pertimbangkan di daerah kalian. semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *