Mengapa roket atau pesawat ulang alik terbang lurus keatas dan vertikal ?


Kita tentu tau ya tentang keberadaannya pesawat ulang alik atau lebih dikenal sebagai roket. Pesawat ini biasanya dipakai untuk pergi ke luar angkasa. Saat lepas landas, pesawat ini akan didorong oleh mesin jet lurus keatas atau secara vertikal.

Nah seperti yang kita tau, pesawat pada umumnya biasanya akan lepas landas dan bergerak secara diagonal. Namun, pernahkah kita berpikir tentang cara lepas landas pesawat ulang alik yang tegak lurus dan tidak seperti pada umumnya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, pesawat pada umumnya memiliki tujuan untuk mendarat di bagian bumi lain. Sehingga, sangat wajar dan masuk akal jika pesawat lepas landas secara diagonal. Lalu saat mencapai ketinggian tertentu akan bergerak horizontal menuju tempat pendaratan tujuan.

Sedangkan, roket atau pesawat ulang alik tentu memiliki tujuan yang berbeda. Karena, pesawat ulang alik memiliki tujuan ke luar angkasa. Sehingga, sangat logis jika pesawat ulang alik langsung terbang keatas dan secara vertikal.

Hal tersebut tentu agar pesawat lekas keluar dari atmosfer bumi dan juga keluar dari gaya gravitasi bumi. Terbang secara langsung vertikal juga akan memangkas konsumsi bahan bakar. Karena terbang dengan jarak vertikal adalah jarak terpendek untuk keluar dari atmosfer dan juga gaya gravitasi bumi ketimbang bergerak diagonal seeprti pesawat pada umumnya.

Nah gimana ? Sudah jelas ya jawaban dari rasa penasaran kalian tersebut. Jadi, selain efisiensi waktu, ada juga efisiensi bahan bakar dan efisiensi biaya tentunya. Karena, bahan bakar pesawat ulang alik ini berbeda dan tentu sangat mahal ya. Hal tersebut juga terbukti dengan sedikitnya penerbangan ke luar angkasa bila dibandingkan dengan penerbangan pesawat biasa.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya agar temen kalian tau apa yang kalian tau. Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *