Cara agar bisnis sukses dan tidak rugi.


Salah satu pekerjaan yang tidak memerlulan ijazah adalah mengembangkan usaha atau bisnis. Sehingga, kita tidak perlu sekolah untuk mendapatkan ijazah. Namun, ilmu tetap harus kita dapatkan. Baik melalui pengalaman atau bisa juga melalui cerita orang lain. Bisa juga belajar mandiri mulai dari nol terkait usaha yang ingin kalian tekuni.

Namun selain itu, pengusaha tentu selalu di hantui kegagalan. Ya, karena dalam berbisnis sangat rentan rugi. Apalagi bagi bisnis yang memiliki modal yang cukup tinggi. Seperti cafe, restaurant, toko, dan bisnis-bisnis lain.

Nah, kali ini kami akan memcoba untuk memberikan beberapa tips bagi kalian yang ingin memulai usaha agar tidak rugi dan bisa sukses. Yuk simak bahasan kami kali ini yang akan kami bahas dalam beberapa bahian dibawah ini.

Hal yang harus diketahui dalam usaha.

Sebelum memulai, ada beberapa hal tentang bisnis yang harus kalian ketahui. Seperti soal rugi. Dimana rugi biasanya menjadi hal yang lumrah bagi seorang pengusaha sejati. Namun semua orang tentu tidak ingin mengalaminya. Sebisa mungkin, kita ingin meminimalisir kerugian tersebut. Dan itulah yang akan kita bahas pada tips kali ini.

Mencoba memahami tentang kebutuhan masyarakat disekitar.

Kebutuhan masyarakat disekitar tentu akan sangat mempengaruhi bisnis kita. Karena, konsumen tentu akan datang dari masyarakat sekitar bukan ? ya, walaupun mungkin ada sebagian yang dari jauh. Nah, dari kebutuhan masyarakat tersebut, tentu kita bisa hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya seperti menjual toko alat pancing di deket kampung nelayan. Tentu akan susah berkembang jika kita menjual alat pancing di pegunungan. Nah, itu salah satu contoh. Kalian bisa menyesuaikan dengan tempat kalian ya.

Melihat respon pasar sebelum investasi besar.

Sebelum kita melakukan investasi besar, seperti membangun toko yang besar, membeli alat yang mahal dan canggih, alangkah baiknya kita untuk melihat respon pasar atau konsumen terlebih dahulu. Seperti membeli alat yang lebih murah atau membangun toko seadanya. Jika bisnis kita disukai konsumen dan bisnis kita bisa berjalan, barulah kita bisa berinvestasi besar untuk kemajuan bisnis kita. Hal tersebut tentu akan meminimalkan kerugian kita bila respon pasar atau respon konsumen kurang baik terhadap bisnis kita.

Memberikan kelebihan sekaligus pembeda dibandingkan dengan pesaing.

Jika didaerah kita terdapat pesaing dengan bisnis yang akan kita mulai, tentu kita harus memberikan kelebihan dibandingkan pesaing tersebut agar kita mendapatkan konsumen. Salah satu yang paling mudah adalah lebih murah. Namun kelebihan lain juga bisa kita pilih. Seeprti waktu pelayanan yang cepat, jam buka lebih awal atau lebih lama, peningkatan kualitas lebih baik, serta kelebihan-kelebihan lain yang bisa kalian pilih agar bisnis kalian bisa bersaing.

Jika konsumen ingin cepat, tentu akan memilih kita jika kita memberikan pelayanan yang lebih cepat. Jika lebih murah, tentu banyak yang suka. Jika konsumen ingin kualitas yang lebih baik, tentu akan memilih bisnis kita. Ya, seperti itulah gambaran yang dimaksud kelebihan dibandingkan pesaing yang lain.

Melakukan pengembangan.

Saat bisnis kita mulai berjalan, tentu kalian dilarang merasa puas dan berdiam di zona nyaman bila kalian tidak ingin dikalahlan pesaing lain. Kalian bisa mengembangakan usaha kalian. Bisa memperbarui alat-alat pendukung bisnis, seperti mobil transportasi, alat produksi, dan yang lainnya. Bisa juga merambah ke bisnis lain agar area bisnis kalian bisa merambah di segala sektor. Pembukaan cabang baru juga bisa dilakukan loh.

Nah, itu dia temen-temen beberapa tips yang bisa kalian pikirkan dan juga bisa kalian praktekan sendiri. Baik, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasna menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *