Mengapa daun berwarna hijau ?


Pernahkah kalian mengamati lingkungan sekitar yang penuh dengan pepohonan yang hijau ? lalu, pernahkah kalian berpikir bagaimana daun itu berwarna hijau ? mengapa tidak berwarna selain hijau ? nah oleh karena itu, tim info-mnarik akan membahasnya secara singkat untuk memuaskan rasa penasaran kalian yang belum mengetahui hal tersebut.

Warna hijau yang ada pada daun tumbuhan karena adanya dominasi pigmen warna hijau yang berasal dari Klofil. Pigmen – pigmen hijau tersebut berada dan dibuat di dalam suatu sel yang bernama plastid atau juga di sebut sebagai kloroplas.

Karena pigmen hijau ini sangat banyak dan dominan, maka pigmen hijau menutupi pigmen warna lainnya. seperti pigmen merah, orange, kuning dan pigmen lainnya. sehingga hal tersebutlah yang membuat daun berwarna hijau.

Fungsi klorofil yang berwarna hijau ini sangat lah penting. Karena klorofil bertugas untuk melakukan prosesi fotosintesis. Proses fotosintesis merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makanannya sendiri.

Proses tersebut membutuh kan air dan zat hari dari dalam tanah serta karbon dioksida dan di bantu dengan sinar matahari, klorofil mampu menghasil kan gula yang kaya energi sebagai makanan dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

oleh karena itu, adanya tumbuhan di bumi sangat penting. Karena sebagai suplai oksigen bagi hewan dan manusia. Serta memberikan makanan dari buah maupun daunnya. Jadi, tanpa tumbuhan tidak akan mungkin hewan dan manusia akan bertahan hidup di bumi.

 Karena hewan dan manusia tidak mampu membuat makanan nya sendiri seperti yang dilakukan oleh tumbuhan. Karena manusia dan hewan memakan mahluk hidup lainnya. seperti tumbuhan dan hewan.

Nah itu dia temen – temen jawabab mengenai mengapai daun bisa berwarna hijau. Dan juga pentingnya akan keberadaan tumbuhan di bumi ini. Baik, semoga apa yang telah di bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa membaca postingan kami yang lainnya. terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *