Bagaimana jika kita salah mengisi bahan bakar pada mesin ?


Temen-temen tentu tau ya jika mesin diesel biasnya menggunakan bahan bakar jenis solar. Sementara mobil dengan mesin bensin ya tentu mengginakan bensin atau sering disebut premium. Mesin ini tentu berbeda dan kita tidak boleh mencampur atau memasang nya pada mesin yang berbeda. Misal diesel di beri bensin. Atau mesin bensin di beri solar.

Lalu, apa jadinya jika kita memberi atau mengisi mesin diesel dengan bensin ? Atau mesin bensin dengan bahan bakar solar ? Apa yang akan terjadi ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info MNarik kali ini.

Apa yang terjadi jika mesin bensin diisi dengan solar ?

Pada awalnya, mesin kita tetap akan menyala seperti pada biasanya. hal tersebut karena masih ada sisa bensin didalam mesin kita (jika ada). namun, setelah bensin mulai habis, dan tergantikan dengan solar, maka mesin kita tentu akan mogok.

ya, mesin akan mogok. karena, solar merupakan bahan bakar dengan jenis low explossive. sehingga, mesin tentu akan mogok dan mati. hal tersebut terjadi karena busi pada mesin bensin tidak mampu membakar solar. karena tidak ada pembakaran, tentu mesin tidak akan bergerak.

namun, apabila kalian tidak sengaja memasukkan jenis solar pada mesin bensin, kalian tidak perlu khawatir. karena, kita cukup menguras solar dari dalam tangki bahan bakar dan mengeringkannya. begitu pula didalam mesin harus dikeringkan. pergilah ke bengkel apabila kalian tidak bisa membongkar sendiri ya.

Apa yang terjadi jika mesin diesel diisi dengan bensin ?

Perlu kalian ketahui, bensin merupakan salah satu jenis bahan bakar dengan tipe high explossive. artinya, bensin akan lebih mudah terbakar bila dibandingkan dengan solar. sementara, mesin diesel dirancang untuk membakar solar yang cenderung lebih susah.

mulanya, mesin diesel akan tetap menyala seperti biasanya. walaupun bensin memasuki mesin dan mulai terpakai, mesin diesel akan tetap menyal dan malah tambah enteng bila dibandingkan saat menggunakan bahan bakar solar.

namun perlu kalian ketahui, solar bagi mesin diesel juga berfungsi untuk melumasi mesin. hal tersebut tidak bisa didapatkan dari bensin. sehingga, lama kelamaan mesin akan menjadi sangat panas dan kepanasan. istilahnya adalah over heating.

bila terjadi terus menerus, tentu akan membuat mesin mengalami kerusakan. mesin tidak bisa diatasi hanya dengan menguras bensin. namun jauh dari itu. sehingga, disarankan untuk pergi ke bengkel dan mungkin akan memakan biaya besar.

nah gimana ? jangan sampai salah bahan bakar ya temen-temen. baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. share juga ya. terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *