Mengapa laron muncul setelah hujan ?


Bagi kita yang tinggal didesa yang masih banyak pepohonan, mungkin kita sudah ridak asing lagi dengan datangnya laron yang akan mengerubungi lampu rumah kita. Walau begitu, di kota pun juga tidak menutup kemungkinan akan munculnya laron ini. Ya, tergantung ada atau tidaknya koloni rayap disekitar tempat tersebut.

Namun, dari peristiwa terjadinya peristiwa tersebut, pernahkah kita penasaran atau berpikir. Sebenarnya mengapa laron keluar ketika hujan ? Dan untuk apa mereka mengerubungi lampu ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, laron sebenarnya merupakan seekor rayap yang bermetamorfosis menjadi seekor laron yang bersayap dan dapat terbang. Sayap-sayap ini biasanya tampak lebih besar dan panjang dari ukuran tubuhnya. Namun, sayap tersebut sebenarnya mudah sekali tanggal atau lepas dari tubuhnya.

Saat hujan, suhu menjadi lebih rendah dan dingin. Selain itu, tanah akan menjadi lembab. Hal tersebut membuat laron tidak suka dan terpaksa keluar sarang dan terbang mencari kehangatan. Oleh karena itu, mereka mencari sumber-sumber pencahayaan lampu yang hangat.

Namun selain karena alesan itu, sebenarnya laron yang telah bersayap ini telah mencapai usia dewasa dan siap mencari pasangan. Sehingga mereka terbang untuk mencari pasangan dan siap untuk membentuk koloni baru. Karena sebenarnya, rayap merupakan hewan yang hidup berkoloni seperti halnya semut dan lebah.

Laron yang telah menemukan pasangannya, mereka akan menanggalkan atau menggugurkan sayapnya. Kemudian mereka akan pergi bersama kedalam tanah atau tempat lain untuk membangun koloni.

Menurut penelitian, laron yang keluar dari sarangnya hanya akan bertahan 1-2 hari saja. Ini tergantung dari jenis dari laron itu sendiri. Oleh karena itu, laron yang tidak menemukan pasangannya biasanya akan mati.

Nah gimana ? Sudah terjawab kan pertanyaan dan rasa penasaran kalian ? Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Jika suka bahasan kali ini, jangan lupa share ya. Terimaksih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *