Apakah tumbuhan berfotosintesis apabila tidak terkena sinar matahari secara langsung ?


Sejak kita sekolah SD, tentu kita tau tentang fotosintesis. Yaitu proses yang dilakukan tumbuhan berdaun hijau untuk menghasilkan makanannya sendiri. Proses ini biasanya membutuhkan zat hara dan air dari tanah, karbon dioksida dari udara, dan cahaya dari matahari.

Nah, bila kita berbicara tentang fotosintesis yang membutuhkan cahaya matahari, pernahkah kita berpikir. Bagaimana cara tumbuhan yang berada dibawah pohon rindang dan tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung ?

Atau, tanaman yang diletakkan diteras dan tidak terkena cahaya matahari langsung ? Apakah mereka masih berfotosintesis ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, tidak semua tumbuhan memiliki tinggi yang menjulang. Ada yang hanya beberpa meter, ada pula yang tidak sampai satu meter. Bahkan, ada yang hanya memiliki tinggi beberapa centimeter saja. Seperti rumput misalnya.

Tumbuhan-tumbuhan pendek tersebut terkadang tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Karena, mereka terhalang oleh tumbuhan atau pohon yang lebih tinggi.

Selain itu, ada juga tumbuhan yang diletakkan diteras dan juga didalam ruangan. Tentu tumbuhan-tumbuhan tersebut tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung.

Namun perlu kita ketahui, tumbuhan-tumbuhan tadi tetap bisa melakukan fotosintesis. Karena, walau tidak terkena sinar matahari secara langsung, sinar matahari tetap bisa menjangkau tempat tumbuhan itu berada.

Matahari dapat menjangkau tanaman tersebut dengan pantulan-pantulan benda disekitarnya. Seperti tembok, kaca, kursi, dan benda lain disekitar rumah. Begitu pula yang ada dibawah pohon. Sinar matahari dapat memantul dari batang, batu, dan benda-benda lain.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terangnya tempat tumbuhan tersebut dan tidak gelap. Selain itu, kalian bisa membuktikannya dengan menenam kecambah di dekat jendela. Maka kecambah tadi akan tumbuh dan mengarah pada kaca jendela.

Hal tersebut terjadi karena kecambah tadi akan tumbuh menuju sumber cahaya. Dan pantulan sinar matahari masuk melalui jendela bukan ? Gimana sudah jelas ya.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Sanggahan dipersilahkan pada kolom komentar dibawah ini ya. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *