dari mana asal batu ginjal ?


Tentu kalian sudah pernah dengar dengan istilah batu ginjal. Batu ginjal merupakan sebuah batu yang terdapat di dalam ginjal. Dan pernahkah kalian berpikir bagaimana sebuah batu ada di dalam ginjal manusia ? berikut tim info-mnarik akan membahasnya untuk kalian.

Ada beberapa tahapan terbentuk nya batu didalam ginjal. Berikut tahapan-tahapannya.

  1. Crystal Nucleation. Air kemih yang kental/pekat akan mulai membentuk Kristal-kristal padat dan menjadi suatu nukleus.
  2. Crystal Growth.  Ketika nucleus sudah terbentuk, maka Kristal akan terus bertambah besar hingga mencapai titik maksimal.
  3. Crystal Aggregation. Ketika kristal tidak dapat tumbuh lagi, maka ia akan bergabung dengan Kristal-kristal lainnya untuk membentuk partikel yang lebih besar.

Nah itu lah tahapan terbentuknya dari batu ginjal yang ada di dalam ginjal dan menyumbat saluran kencing manusia. Lalu, apa saja yang membuat resiko terbentuknya batu ginjal meningkat ? berikut penyebab – penyebabnya.


  • Riwayat keluarga mengalami batu ginjal
  • konsumsi air yang kurang
  • konsumsi protein, na­t­rium, atau gula yang tinggi, 
  • kegemu­kan atau obesitas. Pernah menjalani operasi pada sa­luran pencernaan
  • mengkonsumsi beberapa jenis obat, seperti: antasida yang berbahan kalsium.
Untuk mengurangi resiko batu ginjal tersebut adalah konsumsi air yang cukup dan hindari supplemen berlebihan, karena supplemen yang berlebih akan di buang dalam bentuk urin, sehingga akan menumpuk pada urin.

Nah itu dia temen – temen pembahasan mengenai pembentukan batu dalam ginjal beserta penyebab dan tips menghindarinya. Semoga apa yang telah dibahas diatas dapat bermanfaat kalian dan kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *