Bagaimana pesawat bisa terbang ?


Sudah umum kita ketahui, jika pesawat memiliki berat yang sangat besar. Ditambah lagi dengan bobot ratusan penumpang didalamnya. Namun, pernah kah kita berpikir mengapa pesawat bisa terbang ? nah, oleh karena itu, tim info-mnarik akan membahas mengenai bagaimana cara kerja pesawat bisa terbang mengudara.

Tentu kita sudah setuju jika di bumi kita ini, setiap benda akan selalu jatuh ke permukaan bumi. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi. Hal tersebut juga berlaku pada sebuah pesawat yang bahkan beratnya bisa mencapai beberapa ton.

Nah, untuk membuat pesawat bisa terbang, maka diperlukan sebuah gaya untuk melawan gaya gravitasi tersebut. Tentu dengan gaya yang lebih besar dari pada gaya gravitasi. Sehingga pesawat tidak akan jatuh ke permukaan bumi.

Gaya yang melawan gravitas tersebut adalah gaya angkat. Dimana gaya tersebut dihasilkan dari mesin pesawat. Cara kerjanya adalah, mesin akan menghasilkan gaya dorong yang mengakibatkan badan pesawat bergerak. Sedangkan sayap pesawat akan memberikan gaya angkat pada badan pesawat karena tekanan udara di bagian bawah sayap pesawat menjadi lebih besar.

Hal tersebut terjadi karena adanya kecepatan aliran udara di bagian atas sayap dan di bagian bawah sayap yang telah di rancang khusus. Dan hal itulah yang membuat pesawat terangkat dan mengudara dengan sempurna.

Namun tentunya tidak semudah itu ya temen-temen. Karena ada perhitungan yang sangat rumit untuk menghasilkan penerbangan yang sempurna dan tentunya aman digunakan untuk penerbangan komersial.

Nah itu dia temen – temen mengenai cara kerja pewata yang sudah saya buat sesederhana mungkin agar mudah untuk dipahami. Baik, semoga apa yang telah dibahas dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *