Dari mana asal air di dalam tanah ?


Air merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup di muka bumi ini. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai sumber kehidupan. Ada banyak jenis air berdasarkan sumber dan tempatnya di bumi ini. Contohnya adalah air hujan, air sungai, air laut, air danau, dan air tanah.

Namun, tahukah kalian dari mana asal dari air tanah tersebut ? oleh karena itu, tim info-mnarik akan membahas dari mana asal dari air tanah yang menjadi sumber kehidupan manusia tersebut.

Air tanah merupakan air yang berada didalam lapisan tanah atau bebatuan didalam tanah. lalu ? dari mana asal air tanah tersebut ? sebagian besar, air tanah memang berasal dari resapan air hujan. Saat hujan, air akan masuk kedalam tanah.

Air hujan tersebut akan terus masuk kedalam tanah sampai terkumpul pada lapisan yang tidak dapat ditembus oleh air. Lapisan kedap air ini adalah lapisan yang sering disebut sebagai Impermeable. Lapisan ini sulit di tembus oleh air karena kadar pori – porinya sangat kecil contoh lapisan kedap air ini adalah lempung, geluh dan napal.

Selain dari air hujan, air tanah juga bisa berasal dari resapan air dari sungai, danau, rawa serta genangan air yang ada di permukaan tanah lainnya.

Air di dalam tanah sangat besar perannya. Terutama bagi masyarakat yang tinggal jauh dari sumber mata air seperti sungai, danau dan yang lainnya. air tanahh dapat di dapatkan dengan menggali tanah mulai dari kedalaman 10 – 30 meter. Tergantung tempat  dan kedalaman air tanah.

Nah itu dia temen – temen beberapa asal dari air tanah. semoga apa yang telah kita bahas tadi dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa membaca posting kami yang lainnya. terimaksih sudah membaca dan mampir :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *