Faktor – faktor penyebab jerawat.


Tentu tidak ada yang suka bila terkena jerawat di muka kita. Karena jerawat sangat mengganggu penampilan dan membuat muka kita tidak bersih. Muka yang tidak bersih tentu tidak enak untuk dilihat. Oleh karena itu, tim info-mnarik akan mencoba merangkum beberapa kondisi dan faktor penyebab tumbuhnya jerawat di muka kita.

Sebenarnya, jerawat timbul akibat adanya sumbatan di lubang pori – pori wajah kita atau bagian folikel rambut di wajah kita. Namun, ada beberapa faktor dan kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat, berikut antaranya: 

  • Perubahan hormon. 80% kasus jerawat pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS. 
  • Masa pubertas. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit. 
  • Keturunan. Seseorang dari keluarga yang bermasalah dengan jerawat lebih berisiko mengalami jerawat. 
  • Gesekan kulit dengan benda, contohnya jerawat di wajah akibat terlalu sering mengenakan penutup kepala, jerawat di leher karena pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian kerah, atau jerawat di punggung akibat sering menggunakan ransel. 
  • Stres. Meski stres tidak menyebabkan jerawat, namun dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. 
  • Konsumsi obat-obatan, konsumsi obat-obatan ternyata juga dapat memicu tumbulnya sebuah jerawat. Contohnya seperti penggunaan litium, kortikosteroid, atau obat antikejang. 
  • Penggunaan kosmetik. Kosmetik yang tidak cocok dengan muka kita juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jadi sebaiknya berhati-hati dan tentunya pilihlah kosmetik yang aman.
  • Merokok. Merokok memang tidak sehat untuk tubuh kita. Selain merusak sistem pernafasan, merokok juga dapat menyebabkan jerawat tumbuh di muka kita dan memperparah kondisi tersebut.


Nah itu dia beberapa faktor dan kondisi penyebab tumbuhnya jerawat di muka kita. Setelah tau, maka sebisa mungkin kita menghindari beberapa penyebab yang dapat kita hindari seperti merokok.

Baik, semoga apa yang telah kita bahas di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *