Mengapa saat malam gurun menjadi sangat dingin ?


Kalian mungkin tidak pernah sampai ke gurun. Apalagi saat malam hari yang gelap. Namun, kalian pasti pernah mendengar jika malam hari, gurun akan mengalami perubahan suhu yang sangat ekstrim. Jika pada siang hari sangat panas, maka saat malam hari gurun akan menjadi sangat dingin. Tahukah kalian mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Oleh karena itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Pada saat siang hari, gurun akan terasa sangat panas. Walaupun kalian belum pernah kesana, saya yakin pasti kalian akan setuju. Karena di gurun sangat tandus dan sukar air. Hingga membuat permukaan tanahnya di tutupi pasir. Tumbuhan pun sangat sedikit yang ada disana. Hewanpun banyak beraktifitas di malam hari.

Penyebab gurun menjadi panas ini di akibatkan karena permukaan disana tidak mampu menyerap panas. Karena tidak ada tumbuhan yang menutupi permukaan gurun. Selain itu, pasir memiliki sifat yang gampang panas. Namun panas tersebut di pantulkan kembali ke angkasa. Sehingga membuat suhu meningkat dan menjadi sangat panas. hal tersebut di perparah dengan minimnya kandungan air dan hujan.

Namun saat malam hari, bumi juga melepaskan panas ke angkasa. Di karenakan gurun jarang memiliki awan, maka panas tersebut akan langsung di teruskan dan tak ada penghalang. Oleh karena itu panas akan naik secara cepat dan membuat gurun sangat dingin pada saat malam hari. Hal tersebut juga di percepat dengan sifat pasir yang memang sangat mudah melepaskan panas.

Nah itu dia temen - temen penyebab gurun panas di siang hari dan menjadi sangat dingin saat malam hari tiba. Baik sampai disini, semoga apa yang telah di atas dapst bermanfaat. Terimakasih sudah membaca .)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *