Kenapa ikan mangap - mangap ?


Sebagian dari kalian pasti sering atau bahkan senang memperhatikan ikan berenang di kolam atau pun aquarium. Pasti kalian melihat ikan yang berenang selalu mangap - mangap. Nah, taukah kalian mengapa hal tersebut dilakukan oleh ikan ? Nah, oleh karena itu kami akan membahas nya untuk kalian.

Mahluk hidup seperti manusia dan hewan pasti membutuh kan oksigen untuk bernafas. Begitu pula dengan ikan. Jika kita bernafas menggunakan hidung dengan cara menghirup udara setiap hari, maka lain hal nya dengan ikan. Ikan mendapatkan okesigen bukan melalui udara bebas seperti mahluk darat seperti kucing, manusia dan hewan darat lainnya.

Ikan mendapatkan oksigen air yang didalam nya terkandung oksigen. Ikan meminum air dan membuang nya kembali melalui insang di samping kepalanya. Tugas insang disini adalah mengambil udara yang terkandung di dalam air kemudian menyalurkannya kedalam saeah ikan.

Nah, proses mangap - mangap inilm merupakan salah satu proses permafasan ikan. Yaitu meminum air secara berkala untuk mendapat kan oksegen di dalam air. Namun, apabila kita ambil ikan dan kita taruh di daratan, maka ikan akan semakin mangap - mangap. Itu artinya bukan proses pernafasan karena ikan tidak mampu mengambil oksigen dari udara bebas. Mangap - mangap yang semakin kencang itu merupakan reaksi ikan karena tidak ada suplai oksigen dan berusaha mencari suplai oksigen. Dan tentu saja dari air.

Nah, itu dia temen - temen jawaban mengapa ikan akan selalu mangap - mangap. Yaitu karena hal tersebut merupakan salah satu proses dari pernafasan si ikan. Nah sekian dulu. Semoga apa yang telah kita bahas di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *