ikan laut di masukkan ke dalam air tawar ?


Mungkin temen - temen sudah tau jika air sungai dan air laut itu berbeda. Ya air laut asin dan air sungai itu tawar. Namun, apa jadinya jika ikan air laut kita masukan kedalan air tawar ? Atau sebaliknya, ikan air tawar kita masukkan kedalam air asin/laut ? Tentu lama kelamaan kedua ikan tersebut akan mati. Namun, muncullah pertanyaan baru. Mengapa ikan tersebut bisa mati ? Padahal sama - sama air bukan ? Nah oleh karena itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Perlu kalian ketahui, ikan air tawar akan terus menerus mengeluarkan air atau kencing. Hal tersebut dilakukan untuk menyeimbangkan kadar air yang ada di dalam tubuhnya. Karena, air tawar akan senantiasa masuk kedalam tubuh ikan melewati kulit atau sel kulit mereka.

Hal ini terjadi karena peristiwa osmosis. Yaitu, air yang lebih encer, akan masuk melewati sel hidup menuju air yang lebih pekat. Dalam hal ini, cairan tubuh ikan memiliki cairan yang lebih pekat dan air tawar merupakan cairan yang lebih encer. Oleh karena itu, air akan terus masuk ke tubuh ikan melewati sel hidup yaitu kulit dan tubuh ikan air tawar tersebut.

Hal sebalik nya terjadi pada ikan air asin atau ikan laut. Ikan air laut akan lebih rajin minum dibandingkan kencing. Karena, cairan didalam ikan akan terus menerus keluar melalui kulit mereka. Hal ini terjadi karena cairan pada tubuh ikan lebih encer bila dibandingkan dengan air laut.

Nah, dari sini sudah bisa kita simpulkan mengapa ikan air laut tidak bisa kita masukan kedalam air tawar atau pun sebaliknya. Karena ikan tersebut belum mampu beradaptasi secara cepat pada lingkungan mereka.

Maksudnya, apabila ikan laut di masukan ke dalam air tawar, maka tubuh ikan akan di penuhi dengan air. Karena air akan terus masuk kedalam tubuh ikan. Sementara ikan belum tau apa yang harus ia lakukan atau belum bisa beradaptasi. Sehingga, lama kelamaan ikan akan mati karena kebanyakan air didalam tubuhnya.

Apabila di balik, ikan air tawar dimasukan kedalam air laut atau air asin, maka ikan akan mati karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Hak tersebut terjadi karena cairan dalam tubuh ikan akan terus keluar. Sementara, ikan belum tau apa yang harus ia lakukan. Atau belum bisa beradaptasi secara cepat.

Nah itu dia temen - temen penyebabnya. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *