Dari mana asal garam di laut ?


Sebagian dari kalian mungkin belum pernah merasakan secara langsung jika air laut itu asin. Namun, tentu kalian setuju jika air laut itu asin. Namun, pernahkah kalian berpikir dari manakah asal muasal dari garam yang ada dilautan sehingga membuatnya menjadi asin ? Oleh karena itu, berikut tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Sebenarnya, garam berasal dari bumi kita sendiri. Dimana hujan akan menghantam batu - batuan yang terdapat garam sehingga larut dalam air tersebut. Lalu air tersebut akan mengalir menuju sungai membawa garam yang telah larut tadi. Hingga akhir nya, air dengan kandungan garam tadi akan sampai di lautan. Kemudian, air di laut akan menguap dan menjadi awan. Namun, hanya air nya saja yang menguap tanpa membawa garam tadi.

Lalu awan tersebut akan menjadi hujan di daratan dan membawa garam lagi ke laut. Selain itu, garam juga bisa larut karena ombak yang menghantam batuan. Proses tersebut terjadi selama jutaan tahun dan berlangsung. sampai sekarang. Sehingga membuat garam terkumpul dilautan dan hingga sekarang mencapai rata - rata 3.5 persen kandungan garam pada air laut.

Namun jika aliran sungai yang membawa garam, mengapa air sungai tidak asin ? Hal tersebut dikarenakan kandungan garam yang ada pada air sungai masih sedikit. Sehingga rasa asinnya tidak terasa di lidah kita. Namun  berbeda dengan laut sudah berkumpul sejak lama. Sehingga kandungannya sudah lebih banyak.

 Nah itu dia temen - temen asal garam yang ada di laut kita. Dimana asal sebenarnya adalah dari bumi kita ini yang memang mengandung banyak akan garam. Baik, sampai disini dan terimkasih sudah membaca. mohon maaf apabila ada kesalahan analisa dari kami :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *