Bisakah gunung mengecil dan habis ?


Di indonesia, terdapat banyak sekali gunung. Mulai dari yang aktif sampai yang sudah tidak aktif. Tercatat ada seratus lebih gunung yang ada di indonesia kita ini. Bagi gunung yang masih aktif, ukuran dan tinggi nya bisa bertambah seiring dengan aktivitas vulkanik nya.

Namun pernahkah kalian berpikir, bisakah gunung mengecil dan habis ? Untuk menjawab itu semua, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian. Simak berikut pembahasannya.

Gunung merupakan sebuah permukaan tanah yang menjulang tinggi. Bahkan bisa mencapai ketinggian ribuan meter diatas permukaan laut. Namun, hal tersebut bisa saja mengecil dan habis. Bagaima hal tersebut bisa terjadi ?

Gunung bisa mengecil dan habis bisa terjadi pada gunung yang sudah tidak aktif lagi. Sehingga tidak ada penambahan volume karena aktivitas vulkanik. Sebaliknya, gunung yang sudah tidak aktif dapat berkurang, mengecil dan habis. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pengikisan oleh air hujan dan sebagainya.

Hal tersebut dapat kita ibaratkan dengan sebuah gundukan pasir yang kita biarkan terkena hujan selama beberapa hari. Pasir tersebut tentu akan memendek dan lama - lama akan habis dan permukaannya akan semakin sama dengan permukaan sekitarnya. Begitupun dengan gunung. Hal tersebut juga berlaku.

Bukti nyata pada gunung sebenarnya dapar kita lihat pada shiprock yang terdapat meksiko. Shiprock merupakan sebuah gundukan batu besar yang merupakan bekas magma yang mengeras yang ada pada gunung purba. Gunung tersebut telah habis terkikis hingga hanya menyisakan magma yang mengeras saja. Namun untuk mencapai titik ini, dibutuhkam waktu yang tidak sedikit. Diperlukan ratusan tahun atau bahkan jutaan tahun.

Nah gimana temen - temen ? Jadi gunung bisa saja menjadi dataran rendah biasa dan sama seperti permukaan tanah yang lain nya ya. Baik semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa membaca postingan kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *