Apakah tumbuhan dapat berfotosintesis menggunakan cahaya bulan ?


Bulan purnama merupakan bulan yang terjadi dalam beberapa hari dalam sebulan. Pada fase itu, bulan akan tampak bulat penuh dan bersinar cukup terang. Hingga menerangi langit malam dan juga sampai ke bumi kita ini. Walaupun masih kalah terang dengan cahaya matahari.

Namun, berbicara soal cahaya matahari, kita tentu tau jika tumbuhan sangat membutuhnya untuk melakukam fotosintesis. Nah, kita juga berbicara cahaya bulan. apakah tumbuhan bisa berfotosintesis dengan cahaya bulan ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan juga bisa melakukan fotosintesis dengan cahaya lain selain matahari. Seperti lampu neon dan sumber cahaya lain yang memenuhi. Sehingga, saat malam haripun sebenarnya tumbuhan dapat melakukan fotosintesis.

Lalu bagaimana dengan cahaya bulan ? seperti yang kita ketahui, cahaya bulan memang sampai pada bumi dan bisa kita rasakan. Namun, cahaya tersebut tidak terang. Bahkan, sangat redup. Sehingga, cahaya bulan purnama tidak mampu digunakan sebagai proses fotosintesis.

Begitupula dengan cahaya lampu atau sumber lain. Tidak semua cahaya bisa membuat tumbuhan dapat berfotosintesis. Diperlukan kekuatan cahaya tertentu.

Selain itu, dari semua radiasi matahari yang dipancarkan, hanya panjang gelombang tertentu yang dimanfaatkan tumbuhan untuk proses fotosintesis, yaitu panjang gelombang yang berada pada kisaran cahaya tampak (380-700 nm) yang digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis.

Baik, karena sedikitnya informasi yang kami peroleh, hanya itu yang dapat kami sampaikan. Sanggahan dan juga tambahan dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Maaf jika kurang detail dan informatif. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain dan jangan lupa share juga. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *