Apa perbedaan yoghurt dan keju ?


Seperti yang kita ketahui, susu merupakan sebuah minuman yang banyak digemari oleh orang indonesia, bahkan dunia. Namun, tidak hanya itu. Karena, susu banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tentu banyak disukai oleh anak kecil bahkan hingga orang dewasa sekalipun. Contohnya saja seperti yoghurt dan keju.

Selain rasanya yang enak, olahan tersebut tentu tak kalah bergizi dibandingkan dengan susu sendiri. Namun, pernahkah kalian berpikir tentang perbedaan keduanya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang sudah kami katakan diatas, yoghurt dan keju merupakan olahan susu yang bergizi dan juga banyak disukai orang lain. Nah, untuk mengetahui beberapa perbedaannya, maka akan kami jelaskan dalam beberapa bagian dibawah ini.

Asal dan proses terbuatnya keju dan yoghurt.

Keju dan yoghurt merupakan olahan susu dengan cara feementasi. Namun, dengan menggunakan bakteri yang berbeda. Pada yoghurt, digunakan bakteri seperti Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Sementara pada keju menggunakan bakteri yang beragam. Tergantung jenis keju yang akan dibuat. Beberapa bakteri yang biasa digunakan untuk pembuatan keju adalah Lactobacillus Bulgaricus, Lactobacillus Sp. , Lactobacillus Casei, Lactobacillus Helvenicus, Lactobacillus Lactis dan beberapa bakteri lainnya.

Nutrisi dan gizi pada yoghurt dan keju.

Perlu kalian ketahui, jika ada banyak jenis keju dengan kandungan yang beraneka ragam pula. Namun, Secara umum keju biasanya kaya akan akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc). Sementara yoghurt kandungannya tidak jauh-jauh dari susu. Seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, vitamin A, B, C, dan D. Selain itu yoghurt juga kaya akan asam laktat, probiotik, dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh.

Rasa keju dan yoghurt.

Walaupun sama-sama olahan susu dengan proses fermentasi, yoghurt dan keju memiliki rasa dasar yang berbeda. Karena, yoghurt pada umumnya memiliki rasa asam segar. Sementara keju, memiliki rasa yang sedikit asin.

Nah, itu dia temen-temen beberapa perbedaan keju dan yoghurt yang berhasil kami rangkum untuk kalian. Intinya, susu dan olahannya, memang kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tapi tentu saja tidak berlebihan ya.

Baik sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan jangan lupa share juga. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *