Kemana pasir hisap akan menghisap apapun diatasnya ?


Bagi kalian yang sering melihat atau menonton film di televisi, mungkin pernah melihat adanya pasir hisap. Terutama film dengan tema petualangan. Kartun anak-anak seperti dora the explorer pun pernah menampilkan adegan ini jika kalian pernah melihatnya.

Pasir hisap biasanya akan menghisap apapun yang menginjaknya. Tentu saja yang memliki berat yang cukup. Namun dari itu semua, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, kemana pasir akan menghisap korbannya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahadan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, pasir hisap merupakan percampuran pasir, lumpur, dan air dengan konsentarasi yang tinggi dan banyak. Sehingga membuat pasir atau tanah menjadi lembek dan tidak sepadat pasir pada umumnya. Sehingga, pasir tersebut akan menelan apapun yang menginjaknya. Namun tentu saja dengan berat yang cukup.

Campuran pasir dan lumpur dengan air yang banyak tersebut sering disebut sebagai koloid hidrogel. Contoh paling mudah dipahami, kalian dapat meletakkan jari kalian dan sedikit menekannya pada adonan kue dan susu. Maka tentu jari kita akan tenggelam bukan ? Nah, seperti itulah perumpanaan pasir hisap versi paling sederhana.

Jadi, pasir hisap ini sebenarnya tidak menghisap. Melainkan menenggelamkan apapun yang menginjaknya secara perlahan. Namun, pasir hisap ini tentu ada batasnya. Karena dibawah pasir ini, masih ada tanah yang keras dan menahan benda yang menginjak pasir hisap untuk terus masuk kedalam tanah.

Jadi gimana ? Sudah jelas ya ? Jadi sebenarnya, pasir hisap ini hanya kumpulan pasir lunak karena adanya kandungan air berlebih. Serta, pasir hisap tidak menuju kemana-mana. Karena, benda atau orang yang menginjaknya hanya akan seperti terperosok kedalam tanah secara perlahan dan tidak di hisap untuk menuju kemana-mana.

Baik, semoga apa yang telah dibahas diatas dapat dengan mudah dipahami dan juga bisa bermanfaat. Jangan lupa.baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *