Mengapa kapal bisa mengapung ?


Kalian tentu pernah naik kapal atau perahu ya temen-temen. Atau paling tidak pernah melihat kapal yang mengapung diatas air. Pernahkah kalian berpikir mengapa kapal yang beratnya mencapai satuan ton tersebut bisa mengapung di atas air ?

Padahal batu yang beratnya tidak sampai 1 Kg saja tenggelam bila kita lempar kedalam air. Oleh karena itu, untuk menjawab penasaran itu, tim info-mnarik akan membahasnya untuk kalian dengan sesederhana mungkin.

Prinsip dasar sebuah benda bisa mengapung pada permukaan air adalah benda tersebut memiliki massa jenis yang lebih kecil dari pada air. Lalu berapakah massa jenis air dan besi ? massa jenis air adalah 1000 kg/m3 dan massa jenis besi adalah 7874 kg/m3. Nah massa jenis besi lebih besar dari air. Lalu mengapa bisa mengapung ?

Bila kita memasukan besi utuh, memang besi tersebut akan tenggelam. Namun, apabila kita menggabungkan sebuah besi dengan udara akan berbeda cerita. Maksudnya menggabungkandisini adalah memberikan rongga pada besi tersebut. Contohnya adalah sebuah tong kosong. Dimana ada udara didalamnya. Tentu tong tersebut akan mengapung.

Mengapa demikian ? karena massa jenis udara jauh lebih kecil dibandingkan air dan besi yaitu hanya 1.2 kg/m3. Jadi bila massa jenis besi dan udara bila di gabungkan akan menghasilkan massa jenis yang lebih kecil dari air dan tong kosong tersebut akan mengapung.

Cerita tersebut sama dengan kapal. Pada kapal terdapat banyak rongga udara didalamnya. Selain itu, memperlebar permukaan yang menyentuh air juga mempengaruhi daya apung kapal. Karena permukaan  yang lebih lebar akan menekan air lebih lebar. Dan membuat air memberikan gaya angkat yang lebih besar.

Hal tersebut dapat di buktikan dengan memasukkan gelas dan mangkok ke atas permukaan air. Maka bagian yang tenggelam pada gelas akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan mangkok yang memiliki permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan gelas.

Nah itu dia temen – temen penjelasan mengapa kapal bisa terapung. Semoga penjelasan sederhana tersebut dapat membuat kalian paham ya. Dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *