Bagaimana sungai terbentuk ?


Bagi kalian, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sungai. Karena sungai mudah sekali dijumpai di negara kita ini. Dimana sungai merupakan aliran air tawar yang sumber alamiah yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dan bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. Namun, tahukah kalian bagaimana sungai ini terbentuk ? nah, berikut tim info-mnarik akan membahas bagaimana sungai terbentuk.

Sungai terbentuk dari air yang berada dipermukaan daratan, baik dari air hujan, mata air, maupun cairan gletser, dan akan mengalir melalui sebuah menuju tempat yang lebih rendah. Pada mulanya, saluran air yang dilalui relatif sempit dan pendek, namun secara proses alamiah dan terus menerus, aliran air ini akan mengikis daerah-daerah yang dilaluinya. Yang akan membuat salurannya lama kelamaan akan semakin lebar dan panjang hingga terbentuklah sungai.

Seringkali aliran sungai memiliki bentuk berliku-liku akibat terjadinya proses pengikisan dan pengendapan di sepanjang sungai. Selain dari perairan dari pegunungan, air sungai juga berasal dari presipitasi seperti dari air hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, sedangkan di beberapa negara air sungai juga berasal dari lelehan es/salju.

Nah itu dia temen-temen pembahasan ringkas mengenai bagaimana sungai terbentuk. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Baik, semoga apa yang kita bahas kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *