Pluto tidak dianggap planet lagi. Mengapa ?


Temen-temen mungkin sudah tau tentang kabar mengenai planet ke 9 kita yang sudah tidak dianggap lagi sebagai bagian dari planet yang sekarang menjadi 8 planet saja. Planet tersebut adalah pluto yang memiliki jarak paling jauh dari matahari. ukurannya pun cukup kecil bila dibandingkan dengan planet lainnya.

Namun, mengenai kabar tersebut, pernahkah kita memiliki sedikit pertanyaan. Sebenarnya, mengapa pluto sudah tidak dianggap lagi sebagai planet ? Apakah pluto sudah menghilang ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebagai informasi, pluto merupakan planet ke 9 yang ditemukan terakhir yaitu pada tahun 1930. Ukurannya kecil. Sehingga, banyak astronomi yang meragukan status pluto ini. Sehingga, setelah 76 tahun menyandang status planet, maka pada tahun 2006, pluto resmi melepas status planetnya.

Hal tersebut terjadi karena ukurannya yang cukup kecil. Sementara, diluaran sana ada banyak sekali objek seukuran dengan pluto ini. Sehingga, pada Pertemuan para astronomi internasuonal yang diadakan pada tahun 2006, diputuskan beberapa syarat untuk benda langit agar bisa disebut sebagai planet.

Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut :

Setiap planet, Harus mengorbit matahari.

Setiap benda langit harus mengorbit matahari apabila ingin dikatakan sebagai sebuah planet. Dalam syarat pertama ini, pluto masih memenuhi ya temen-temen. Karena, sama hal nya dengan bumi, pluto juga mengelilingi bumi.

Setiap planet harus berbentuk bulat.

Banda langit yang dapat disebut sebagai planet haruslah berbentuk bulat. Hal tersebut sebagai bukti jika planet tersebut memiliki gravitasi yang cukup kuat. Dalam syarat kedua ini, pluto juga memenuhi ya. Karena pluto juga memiliki bentuk bulat.

Mampu membersihkan orbitnya dari objek-objek lain.

Dalam syarat ketiga ini, pluto tidak mampu memenuhinya. Karena, ada banyak objek-objek lain pada area orbitnya. Gravitasi pluto tidak terlalu kuat untuk membersihkan objek-objek luar angkasa lain dari orbitnya. Sehingga, ia gagal memenuhi syarat ketiga ini.

Untuk mengatasi hal ini, para astronomi memberinya gelar sebagai planet kerdil atau dwarf planet. Pluto ternyata juga banyak temannya loh. Karena, ada banyak objek lain yang seukuran pluto ini diluar sana.  bahkan adan yang lebih besar darinya. Salah satunya adalah Objek bernama Erish dan ribuan objek lain.

Nah itu dia temen-temen penyebabnya. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Jangan lupa share juga ya. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *