Bagaimana cara kapal selam bergerak ?


Sejak kecil, tentu kita tau ya jika transportasi air tidak hanya kapal laut. Karena, ada juga kapal bawah laut yang bernama kapal selam. Kapal ini bergerak dibawah air layaknya sebuah ikan didalam air. Namun, alat transportasi ini biasanya tidak digunakan secara masal. Melainkain untuk tujuan-tujuan khusus seperti militer dan penelitian. Namun ada juga yang menggunakannya untuk sarana rekreasi dan edukasi.

Namun, bila kita berbicara kapal selma yang bergerak didalam air ini, pernahkah kira berpikir tentang bagaimana carakapal selam tersebur bergerak ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita ketahui, kapal selam dan kapal laut sebenarnya sama dan identik dalam hal cara bergeraknya. Yaitu menggunakan baling-baling di belakan badan kapal untuk mendorong badannya dengan menggunakan air. Hal ini tentu sama dengan kapal laut. Kesamaan ini memang wajar. Karena, kapal selam dan kapal laut menggunakan air sebagai media untuk bergerak.

Didalam air, kapal selam juga dapat pergi kebawah perairan yang lebih dalam. Selain itu, kapal selam juga bisa pergi keatas menuju keatas. Untuk mengatur gerak keatas dan kebawah ini, kapal selam menggunakan 2 pasang sayap horizontal kecil seperti sayap pesawat yang ada di ditengah kapal selam dan juga dibelakang.

Untuk yang tengah, biasanya disebut sebagai sail planes. Sementara sayang yang lebih kecil terletak di ekor dan biasanya disebut sebagai stern planes. Sayap-sayap tersebut akan bergerak menyerong keatas atau kebawah untuk membuat kapal selam bergerak keatasa atau kebawah.

Selain naik keatas dan turun kebawah didalam air, kapal selam juga bisa belok kekanan dan kekiri. Fungsi ini biasanya dibantu oleh sayap vertikal kecil yang berada di belakang kapal. Sayap ini dapat bergerak menyerong ke kiri dan kekanan untuk membuat kapal selam belok kanan atau kiri.

Selain bergerak keatas, kebawah, kekiri, dan kekanan, beberapa kapal selam juga ada yang dilengkapi dengan motor penggerak tambahan dibagian samping yang dapat dikeluarkan dimasukkan. Motor tambahan ini dapat digunakan untuk membuat kapal selam  memutar 360 derajat atau putar balik.

Nah, gimana ? Sudah jelas ya temen-temen. Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Kritik, saran, dan tambahan dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *