Bagaimana cara kapal selam bergerak ?


Kapal selam merupakan salah satu transportasi air. Namun, tidak seperti kapal laut yang mengapung diatas air, kapal selam justru bergerak didalam air. Hal ini  tentu sesuai namanya ya temen-temen. Yaitu kapal selam. Ya saya tau kalian sudah paham. Hanya opening saja. :)

Namun, bila kita berbicara soal kapal selam yang tidak memiliki roda, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya bagaimana cara kapal berberlok didalam air ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk dimak bahasan info-MNarik kali ini.

Bila kita perhatikan lagi, mungkin kita akan menyadari jika bentuk kapal selam ini sedikit mirip dengan bentuk pesawat. Mulai dari bentuk badannya yang sedikit membulat, dan juga yang cukup merip adalah ekornya. Dimana pada ekor kapal selam terdapat beberapa sayap kecil seperti pesawat.

Walaupun, ada perbedaan yang cukup mencolok diantara ekor pesawat dan kapal selam. Yaitu mengenai sayap kecilnya. Bila pada pesawat ada 3 sayap kecil, yaitu kanan, kiri, dan atas, maka pada kapal selam ada 4 sayap kecil. Yaitu kanan, kiri, atas, dan bawah.

Nah, sayap-sayap ini lah yang bertanggung jawab dalam kendali kapal selam. Sayap kanan kiri digunakan untuk keatas atau kebawah didalam permukaan air. Yaitu dengan menyerongkan sayap-sayap tersebut.

Sementara, sayap atas dan bawah pada ekor inilah yang membelokkan kapal selam. Yaitu dengan cara membuat membuat sayap atas bawah tadi sedikit menyerong dan aliran air yang membelok akibat sayap tersebut akan membelokkan kapal selam.

Namun, ada juga beberapa kapal selam yang dirancang untuk dapat berputar. Bahkan dapat berputar sampai 360 derajat. Yaitu dengan menggunakan motor penggerak tamabahan dibagian samping. Sehingga dapat membuat kapal selam berputar.

Nah, gimana ? Sudah jelas ya. Baik sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan informasi. Sanggahan, koreksi, dan tambahan dapat kalian sampaikan pada kolom.komentar dibawah ini. Baik, jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Jangan lupa share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *