Bagaimana gelembung terbentuk ?


Sejak kecil, mungkin kita sudah akrab dengan benda yang akan kita bahas kali ini. Yaitu sebuah gelembung. Bahkah, gelembuk juga bisa dijadikan sebagai mainan anak kecil. Yaitu dengan menggunakan sabun dan ditiup untuk menghasilkan gelembung udara.

Namun, setelah kita beranjak dewasa, mungkin kalian belum tau tentang bagaimana penyebab gelembung tersebut terbentuk. Ya bukan ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita sadari, gelembung merupakan sebuah gas atau udara yang muncul dari dalam cairan. Seperti air. Jadi, penyebab gelembung sebenarnya adalah karena adanya udara yang berusaha lepas dsri dslsm cairan.

Namun, sebenarnya ada beberapa macam gelembung yang dapat kita temui. Nah, berikut beberapa jenis gelembung yang sering kita temua dan beberapa penyebab spesifiknya.

Gelembung sabun.

Gelembung sabun merupakan gelembung yang tercipta karenanya adanya campuran sabun kedalam air. Sehingga, saat di obok, akan muncul beberapa busa dan gelembung. gelembung ini terjadi karena adanya udara yang terperangkap. dinding gelembung ini terbentuk dari air yang terperangkap pada molekul kimia sabun.

Gelembung air karena dipanaskan.

Air yang dipanaskan juga akan membentuk gelembung-gelembung kecil dari dalam air. Hal ini terjadi karena saat air dipanaskan, air akan menguap dan menghasilkan udara. Udara ini tentu akan berusaha lepas dari air dan menyebakannya seakan terbentuk gelembung dan pwcah saat ada di atas permukaan ain

Memasukkan benda kedalam air .

Benda kering yang kita masikkan dalam air bisa juga menghasilkan gelembung udara didalam air. Hal ini dikarenakan adanya kandungan udara yang terjebak dan berusaha keluar. Sehingga, udara ulyang keluar akan membentuk efek gelembung.

Adanya zat tertentu.

Zat-zat lain didalam air juga dapat menimbulkan adanya gelembung. Seperti sisa-sisa deterjen yang akan memghasilkan busa diatas permukaan air. Busa ini juga memiliki gelembung-gelembung kecil

Nah, itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga bermenfaat. Tambahan dan sanggahan dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Baik, jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *