Seperti apa kuliah D3 ?


Temen - temem yang sudah kelas 3 SMA dan sudah menjelang kelulusan, tentu sudah memiliki tujuan mau lanjut kuliah kemana. Namun ada juga yang memilih untuk kerja saja. Nah, bagi kalian yang akan melanjutkan untuk kuliah, mungkin sedikit anti ya dengan jurusan D3. Nah, mengapa demikian ? Dan seperti apa kuliah D3 ini ? Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaan tadi, berikut tim info-MNarik akan memcoba untuk membahasnya.

Program studi D3 merupakan program studi yang lebih pendek dibandingkan dengan program studi D4 dan S1. Sehingga, sedikit dipandang berada di bawah kedua program studi tadi. Padahal, dari segi kesiapan kerja, lulusan D3 tidak kalah bersaing. Nah, untuk lebih mengenal kegiatan kuliah dari program studi D3 ini, kami akan menjelaskannya menjadi beberapa bagian di bawah ini.

Jumlah tahun belajar. 

Seperti nama pada program studi yang kita bahas kali ini, yaitu D3, maka jumlah tahun belajar program studi ini selama 3 tahun atau berjumlah 6 semester. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk lebih dari 3 tahun. Karena adanya beberapa faktor penghambat. Seperti ada matakuliah yang mengulang atau pengerjaan tugas akhir yang belum selesai. Semua tergantung semangat dari mahasiswa yang menempuhnya.

Gaya belajar / kuliah.

Seperti pada saat kalian duduk di bangku SMA, pada program studi D3 juga mendapat materi di kelas. Namun, kelebihan D3 adalah lebih mengutamakan praktik langsung. Sehingga, praktik langsung lebih diutamakan dibandingkan dengan teori. Hal tersebut tentu membuat lulusan D3 lebih siap bekerja dilapangan sesuai bidangnya.

Tenaga pengajar (Guru atau dosen).

Program studi D3 diajar oleh guru yang dipangil dosen. Bapak atau ibu dosen. Dimana ibu atau bapak dosen ini harus minimal telah lulus S2 atau lebih. Selain itu ada juga dosen dengalar SP 1 atau spesialis 1. Yang merupakan gelar yang setara dengan Magister atau S2 dan juga bisa SP 2 atau spesialis 2 yang bisa disetarakan dengan S3 atau doktor.

Tugas akhir (kelulusan).

Untuk mencapai kelulusan, mahasiswa D3  diharuskan membuat tugas terakhir yang memang namanya Tugas Akhir. Dimana isinya adalah tentang pelaporan penerapan atau kegiatan praktek. kegiatan praktek yang di lakukan oleh mahasiswa harus ditulis se detail mungkijln untuk dijadikan nya sebagai karya ilmiah. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, mahasiswa D3 akan di bimbing oleh seorang atau dua orang dosen pembimbing.

Nah, itu dia temen - temen. Apa - apa mengenai kuliah di program studi D3 ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share biar temen kalian tau apa yang kalian tau. Tapi, kalau ada yang salah, bisa kalian sampaikan di kolom komentar ya. Karena kita sama - sama belajar.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kita kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Terimakasih sekali lahi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *