Seperti apa kuliah D4 ?


Sebagian dari kalian mungkin masih bingung mengenai program studi D4. Terutama kalian yang baru saja lulus SMA dan akan melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi. Nah, sebenarnya gimana sih kuliah D4 ini ? Nah untuk lebih jelasnya dan sedikit mengetahui tentang kuliah D4 ini, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya secara umum dan singakat saja.

Untuk kalian ketahui saja, jika program D4 ini banyak yang menyetarakannya dengan program studi S1. Hal tersebut memang tidak mengherankan. Karena, program D4 memang banyak kemiripannya dengan program studi S1. Nah, untuk lebih memahami seperti apa kuliah pada program studi D4 ini, kami akan mencoba untuk menjelaskannya dalam bebera bagian di bawah ini.

Jumlah tahun belajar 

Salah satu faktor yang menjadikan program studi D4 ini mirip dengan program studi S1, adalah jumlah tahun belajar yanh mencapai 4 tahun atau 8 semester. Hal tersebut sama persis dengan program studi S1. Namun, hal tersebut juga bisa lebih lama dari 4 tahun jika ada kendala. Seperti ada mata kuliah yang mengulang dan bisa juga ada pada pengerjaan skripsi yang lebih lama. Itu semua tergantung pada semangat mahasiswa yang menempuh program studi D4.

Gaya kuliah (gaya belajar).

Gaya belajar pada program studi D4 ini juga memiliki pertemuan didalam kelas seperti pada saat masa SMA. Namun, perbedaannya dengan S1 dan masa SMA, program D4 ini lebih menekankan pada proses belajar ilmu - ilmu praktik atau ilmu - ilmu terapan. Sehingga, nantinya diharapkan lebih siap menghadapi dunia kerja dengan keahlian langsung di bidangnya.

Tengajar (guru/dosen)

Tenaga pengajar atau dosen pada program studi D4 ini umumnya harus minimal telah menempuh program SP1 atau spesialis 1. Dimana program studi spesialis 1 sejajar dengan Magister. Atau satu tingkat diatas program studi D4. Namun, sebenarnya tidak menutup kemungkinan dosen atau pengajar lulusan magister dapat mengajar pada program studi D4 ini.

Tugas akhir.

Jika pada program studi S1, syarat kelulusan nya adalah menyelesaikan tugas akhir dengan nama skripsi. Maka pada program studi D4 harus mengerjakan tugas terakhir. Yang namanya memamg Tugas Akhir. Dimana isinya mirip dengan skripsi. Dimana mahasiswa diharuskan mencari masalah di bidangnya. Kemudian menyelasikannya dengan menerapkan metode yang pernah di pelajari semasa kuliah. Kemudian, melakukan penelitian hasil dari penyelesain masalah menggunakan metode tadi. Dan hasilnya akan di laporkan dalam laporan seperti skripsi dan juga di uji atau disidangkan untuk menentukan kelulusan.

Nah, itu dia temen - temen sekilas mengenai kegiatan belajar dari program studi D4. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ya. Agar temen kalian tau apa yang kalian tau. Hehe

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik yang lainnya. Baik, sampai disini dulu bahasan kita kali ini. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *