Seperti apa kuliah D2 ?


Temen - temen tentu sudah sedikit familiar dengan kata program studi S1, D3, dan D4. Namun, banyak dari kalian akan sedikit asing dengan kata program studi D2. Atau malah baru pertama kali mendengar tentang adanya program studu D2 tersebut ? Nah, untuk sedikit lebih mengenal mengenai program studi D2 ini, maka berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya.

Sebagai pendidikan tingkat lanjut yang mempelajari tentang keahlian di suatu bidang pendidikan, program D2 ini memang lebih sedikit peminatnya ketimbang program studi lain seperti D3 dan D4. Hal ini juga terlihat dengan minimnya institusi yang membuka program studi D2 ini. Nah, untuk sedikit lebih mengenal lagi tentang program studi yang satu ini, kami akan menjelaskannya dalam beberapa bagian diabawah ini.

Jumlah tahun kuliah atau belajar.

Bisa kita tebak dari penamaan program studi yang satu ini, yaitu D2, maka untuk lulus dari program studi ini, biasanya kita harus menempuh kuliah selama 2 tahun. Atau selama 4 semester saja. Hal tersebut 2 kali lebih lama dari program D1. Dan tentu lebih pendek dari program studi D3. Namun, 2 tahun tersebut bisa juga bertambah karena berbagai kondisi. Seperti mata kuliah mengulang, cuti, dan pengerjaan tugas akhir yang lambat. Itu semua juga tergantung pada mahasiswa yang menemuh program sudi tersebut.

Gaya belajar (kuliah).

Sama seperti program Diploma lainnya, program kuliah D2 juga memiliki pertemuan di kelas dan penyampaian materi seperti saat kita masih duduk di bangku SMA. Namun, pada program studi D2 tentu lebih mengedepankan aspek skill dan kemampuam langsung dari pada hanya teori. Oleh karena itu, program studi D2 ini akan lebih banyak praktek ketimbang pertemuan di kelas dengan hanya penyampaian materi. Bahkan persentasenya mencapai hingga 90 persen praktek dan 10 persen teori.

Tenaga pengajar atau dosen.

Tenaga pengajar yang mengajar pada program studi D2 ini biasanya memiliki minimal gelar S1. Namun, itu hanya minimal. Artinya bisa lebih dari lulusan S1. Misalnya S2 bahkan S3 sekalipun. Namun ada juga yang diajar oleh lulusan D3. Jadi, D4 pun juga bisa mengajar.

Tugas akhir syarat kelulusan.

Tugas terakhir untuk memenuhi kelulusan dari program studi D2 ini bernama Tugas Akhir. Tugas akhir merupakan sebuah karya ilmiah yang harus di buat oleh mahasiswa D2 untuk lulus. Dimana isinya biasanya berisi latar belakang permasalahan dan laporan praktek sesuai bidang program studi D2 yang diambil .

Nah itu dia temen - temen pembahasan mengenai program studi D2. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Namun, apabila ada kesalahan dalam penjelasan, kalian bisa sampaikan pada kolom komentar di bawah. Atau juga bisa melalui laman kontak kami.

Baik terimkasih semudah membaca bahasan kamj kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lainnya. Dan lupa share ya. Biar temen kalian tau aoa yang kalian tau. Baik, terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *