Seperti apa kuliah D1 ?


Sebagian dari kalian mungkin tidak tau jika program kuliah tidak hanya D3 dan D4 saja. Karena sebenarnya, ada juga program studi yang lebih singkat. Program studi tersebut adalah program studi D1. Nah, untuk lebih mengenal mengenai program studi yang satu ini, tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya secara singkat saja. Baik, berikut pembahasannya.

Program studi D1 mungkin memang asing bagi kebanyakan orang. Hal tersebut memang tidak mengherankan. Karena memang, tidak banyak yang institusi yang membuka program studi tersebut. Sehingga, akan terdengar sedikit asing bagi sebagian banyak orang. Nah, untuk sedikit lebih mengenal, kami akan membahas program studi ini dalam beberapa bagian dibawah ini.

Lama kuliah atau lama belajar.

Seperti yang kita baca pada program studi D1 ini, tentu kita bisa menebak lama kuliah atau belajar dalam program D1 ini. Yaitu selama 1 tahun saja. Atau 2 semester saja. Lebih rincinya adalah sebanyak 32 satuan kredit semester (sks) saja. Ini bisa kita bilang hanya setengah nya saja dibandingkan dengan program studi D2 yang dapat ditempuh selama 2 tahun atau 4 semester saja.

Gaya kuliah atau gaya belajar.

Sistem belajar pada program D1 ini memang akan di penuhi dengan praktek ketimbang teori. Hal tersebut memang sesuai dengan tujuan dari program kuliah D1 ini yang memang di siapkam untuk menghadapai dunia kerja secara langsung sesuai bidang program D1 ini. Jadi, ya hanya praktek saja dengan teori yang sangat minim sekali.

Tenaga pengajar atau dosen pengajar.

Pada program studi D1 ini nantinya kita akan di ajar oleh seorang dosen dengan minimal lulusan S1. Namun, tidak menutup kemungkinan juga lulusan D3 atau yang kebih tinggi seperti SP1, S2, S3 dan profesor sekalipun.

Tugas akhir.

Tugas akhir yang merupakan salah satu syarat lulus dari program D1 ini adalah melakukan ujian praktik dan menulis laporan atau karya ilmiah. Serta syarat- syarat lain sesuai institusi tempat mengambil program studi D1. Contoh nya seperti lulus semua mata kuliah, lunas pembayaran, dan bebas tanggungab serta syarat administratif lainnya.

Nah, itu dia temen - temen penjelasan dan pembahassn kami mengenai program studi D1 kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Namun, apabila ada kesalahan sekaligus pembenaran, dapat kalian sampaikan lada kolom komentar di bawah ini. Atau juga bisa melalui laman kontak kami.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lainnya. Terimakasih sekali lagi kami sampaikan :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *