Apa perbedaan S1 dan D3 ?


Temen - temen yang akan lulus SMA, tentu ada yang bingung dan dilema nantinya akan melanjutkan ke jenjang yang mana. Baik memilih jurusan yang mana atau bingung mau pilih jenjang S1 atau D3. Nah, bagi kalian yang madih bingung, berikut kami akan mencoba untuk sedikit menjelaskan perbedaan antara S1 dan D3. Baik, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Walaupun dari segi gengsi dimata masyarakat, program studi S1 tentu lebih diminati ketimbang program studi D3. Namun, sebenarnya apa peebedaan keduanya ? Nah, untuk lebih jelasnya tentang perbedaan keduanya, kami akan jelaskan dalam beberapa bagian dibawah ini.

Gelar yang diperoleh.

Dari segi gelar yang di peroleh, S1 dan D3 memang berbeda. Untuk sarjana, biasanya gelar yang akan di peroleh adalah huruf S dan dilanjutkan huruf sesuai bidang ataubjurusan yang dipilih dan sesuai instistusi yang dipilih. Contoh nya adalah S.Kom. Untuk sarjana komputer jurusan teknik informstika. Dan untuk D3 biasanya mendapat gelar Amd. Dan ddlilanjutkan dengan huruf sesuai bidang dan institusi yang dipilihi. Contohnya adalah Amd. Keb. Yang merupakan singkatan dari Ahli Madya kebidanan dari jurusan D3 kebidanan.

Jumlah tahun. 

Dari jumalh tahun dan lama belajar, program studi S1 memang lebih lama dibandingkan dengan program studi D3. Program studi S1 biasanya selama 4 tahun. Dan D3 selama 3 tahun. Namun, prodi S1 bisa lebih cepat dari 4 tahun. Seperti 3.5 tahun. Hak tersebut tergantung semangat dan nilai mahasiswa yang menempuhnya. Namun, S1 dan D3 juga bisa lebih lama jika ada mata kuliah yang mengulang, atau proses pengerjaan skripsi dan tugas akhir yang membutuhkan waktu lebih lama, atau ada kendala yang lainnya.

Gaya kuliah atau gaya belajar.

Pada prodi S1, biasanya akan lebih fokus terhadap teori dan keilmuan dan sedikit praktek. Sedangkan pada prodi D3, akan lebih difokuskan pada praktek di lapangan dan di lab. Walaupun pembelajaran teori juga tidak dilupakan. Walaupun persentasenya lebih sedikit. Selain itu, prodi S1 tidak hanya berfokus pada satu fungsi saja. Contohnya jika kita ambil jurusan bisnis. Maka kita tidak di ajarkan hanya berdagang saja. Karena S1 juga di ajari strategi, sementara prodi D3 biasanya berfokus pada satu keterampilan saja.

Skripsi / tugas akhir.

Pada prodi S1, syarat terakhir untuk lulus adalah menyelesaikan skripsi. Dimana biasanya disusun dengan mencari masalah terlebih dahulu. Kemudian mengusulkan metode. Setelah di setujui, maka di lanjutkan dengan penelitian. Dan di tulis hasilnya dalam laporan bernama skripsi dan di uji dalam sidang. Sedangkam pada prodi D3, biasanya akam ada tes praktek dan juga penulisan dalam bentuk karya ilmiah bernama Tugas Akhir.

Nah, itu dia temen - temen beberapa perbedaan antara  prodi S1 dan D3. Semoga apa yang telah kita bahas di atas dapat bermanfsat bagi kita semua. Namun, apabila ada kedalahan dan kekeliruan, dapat kalian koreksi melalui kolom komentar dibawah ini, tau melalui laman kontak kami yang telah kami sediakan.

Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasam kami yang lainnya. Terimakasih sekali lagi  :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *