Apa perbedaan kuliah S1 dan S2 ?


Sebagian dari kita, mungkin pernah ada yang berniat untuk melanjutkan kuliah hingga jenjang S2 setelah lulus S1. Atau jika tidak, minimal pernah mendengar tentang jenjang S2 ini. Nah pernahkah kalian memiliki pertanyaan, sebenarnya apa perbedaan jenjang S1 dan S2 tersebut ? Nah, bagi kalian yang penasaran, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk memberikan beberapa perbedaan mengenai keduanya.

Inti dari perbedaan keduanya adalah dari tingkatannya. Jika, S1 bisa kita sebut sebagai jenjang pertama dari perguruan tinggi, maka S2 adalah jenjang selanjutnya dari S1. Hal tersebut juga bisa kita lihat pada angka setelah huruf S itu. Nah, untuk lebih memperjelas, kami akan mencoba untuk menjelaskan beberapa bagian di bawah ini.

Lama belajar atau kuliah.

Pada jenjang S1, bisanya mahasiswa akan menempuhnya dalam jangka waktu 4 tahun (8 smester). Walaupun sebenarnya ada juga yang menempuh nya lebih singkat yaitu 3.5 tahun dan ada juga yang lebih lama dari 4 tahun. Sedangkan pada jenjanh S2, dapat kita tempuh lebih singkat. Yaitu selama 2 tahun (4 semester). Namun, sama seperti S1, S2 juga bisa di tempuh lebih singkat. Yaitu 1.5 tahun. Dan juga bisa lebih lama dari 2 tahun tersebut.

Gaya kuliah.

Gaya kuliah S1 dan S2 kurang lebih sama. Yaitu ada pertemuan di kelas seperti biasa dengan penjelasan dosen. Namun, perkuliahan S2 tentu tidak se intens dan sebanyak saat S1. Karena, S2 lebih menjurus dan lebih spesifik dari bidang pada S1. Sehingga mata kuliah nya pun lebih sedikit dari jenjang S1. Mahasiswa nya pun akan beraneka ragam. Mulai dari yang muda hingga yang sudah berumur.

Tenaga pengajar (dosen).

Pada jenjang S1, kita nantinya akan di ajari oleh ibu bapak dosen dengan gelar minimal S2. Namun juga tidak menutup kemungkinan juga di ajar oleh lulusan S3 atau profesor sekalipun. Sedangkan oada jenjang S2, nantinya kita akan di ajari oleh dosen dengan gelar minimal S3 atau doktor, dan ada juga yang di ajar oleh seorang profesor.

Tugas akhir.

Pada jenjang S1, tugas akhirnya adalah Skripsi. Dimana pada skripsi kita di tuntut untuk menemukan masalah, dan kita selesaikan dengan metode yang kita pilih dan tentunya sesuai bidang kita. Jadi, pada S1 kita hanya menerapkan metode yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah yang sudah kita tentukan. Sesangkan pada jenjang S2, kita di tuntut untuk mencari masalah, kemudian menentukan metode dan juga harus memodifikasi metode tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk kemajuan keilmuan untuk menghasilkan metode yang lebih baik.

Baik, itu dia temen - temen beberapa perbedaan terkait jenjang S1 dan S2 yang memang jelas berbesa ya. Karena jenjang S2 memang berada satu tingkat diatas jenjang S1. Namun, apabila ada yang keliru dan ada yang harus di luruskan, dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini ya temen - temen.

Baik, terimakasih sudsh membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Semoga bermanfaat, dan terimakasih sekali lahi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *