Apa perbedaan kuliah S1, S2, dan S3 ?


Temen - temen tentu sudah tau ya, atau minimal pernah dengar saja tentang bermacam - macam jenjang kuliah. Khusus nya jenjang S1, S2, dan S3. Nah tapi, tentu tidak semua orang tau akan perbedaan dari ketiganya. Nah, disini kami akan sedikit menjawab beberapa perbedaan terkait ketiganya. Baik, berikut pembahasannya.

Untuk kalian ketahui saja, jika sebenarnya ketiga jenjang tersebut memang berbeda. Karena tingkatan mya memamg berbeda dan kita bisa menggunakan angka di belakangnya untuk menentukan tingkatannya. Contohnya S1 ada tingkatan 1, S2 asa tingkatan ke 2, dan begitupun S3 adalah tingkatan yang ke 3.

Namun, untuk mengetahui peebedaannya lebih lanjut, kami akan sedikit memberikan perbedaannya dalam beberapa bagian di bawah ini.

Jumlah tahun kuliaj atau belajar.

Jumlah tahun umum pada ketiga jenjang tersebut memang berbeda satu sama lain. Jenjang S1 memiliki waktu tempuh selama 4 tahun atau sebanyak 8 semester. Sedangkan pada jenjang S2, biasanya di tempuh hanya dalam 2 tahun saja atau 4 semester. Namun, saat S3 biasanya di tempuh dalam waktu yang lebih lama dari jenjang S2. Yaitu selama 3 tahun. Perlu kalian catat, jika angka - angka di atas merupakan jumlah tahun pada umum nya. Namun, hal tersebut tentu bisa setengah tahun lebih cepat dan juga bisa lebih lama. Hal tersebut terganrung semangat sari mahasiswa yang menempuh nya.

Gaya belajar atau kuliah.

Gaya kuliah dari ketiga jenjang tadi.memang tidak jauh berbeda. Tetapi, tetap saja ada perbedaannya. Seperti S1, yang umum nya lebih banyak belajar diruang kuliah. Namun ada sedikit saja praktek di lab atau di lapangan. Persantesenya kuranh 90% teori dan selebih nya praktek. S2 pun demikian. Lebih banyak menghabiskan belajar di dalam ruangan dengan pertemuan dosen.
Dan untuk S3 biasanya hanya beberapa mata kuliah saja di dalam ruangan. Kemudian setelah itu menghabiskan masa kuliah dengan melakukan penelitian dan membaca jurnal.

Tenaga pengajar atau dosen.

Pengajar dari ketiga jenjang tadi memang sedikit berbeda dan mungkin bisa ada kesamaan dari segi lulusan. Misalnya, pada jenjanh S1, kita nantinya akan di ajari oleh seorang dosen dengan lulusan minimal S2. Yang artinya, bisa juga dia ajar oleh lulusan S3 bahkan profesor sekalipun. Sementu S2, biasanya minimal di ajar oleh doswn lulusan S3 hingga profrsor. Sementara untuk S3, tentu saja di ajar oleh seorang profesor.

Tugas akhir.

Untuk mencapai kelulusan, semua jenjang tadi harus menyelesaikan sebuah tugas akhir. Pada jenjang S1 dinamakan skripsi. Dimana isinya adalsh debuah masalah dan penerapan metode yang sudah ada. Dan pada jenjanh S2, nama tugas akhir nya adalah Tesis. Dimana isinya adalah masalah yang kemudian di seledaikan olej metode yang sudah ada dengan sedikit modifikasi dengan harapan memperbaiki metode yang sudah ada. Dan untuk S3, namanya adalah Disertasi. Dimana idinya adalah sebuah masalah yang diselesaikan dengan usulan metode nya.

Nah, itu dia temen - temen beberapa perbedaan terkait ketiga jenjang tadi. Yaitu S1, S2, dan S3. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Namun, apabila ada kesalahan mohon pembenaran atau saran di kolom komentar dibawah ini. Atau juga bisa melalui laman kontak kami.

Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lainnya. Jangan lupa share juga ya  baik terimakadih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *