Bagaimana cara kapal tau arah dan tidak tersesat ?


Kapal merupakan salah satu alat transportasi air. Bagi sebagian orang, mode transportasi ini cukup digemari. Namun, ada  pula yang khawatir dan takut untuk menaikinya. Aplagi ketika cuaca buruk dan ombak besar yang tidak bersahabat. tentu hal ini akan menggetarkan nyali setiap orang yang akan menaikinya.

Selain itu, ada banyak kapal besar yang mengarungi laut dalam dan samudra untuk mencapai tujuannya yang amat jauh. Namun dari itu, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, bagaimana kapal mengetahui jalurnya untuk mencapai tujuan dan tidak tersesat ? Padahal, dilaut sana tidak ada jalur dan tanda seperti rel untuk kereta bukan. Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, laut dibumi kita ini memang sangat luas. Bahkan, saat kapal berada ditengah laut, terkadang daratan tidak terlihat sama sekali. Hal ini tentu membuat kita akan kesulitan menentukan arah untuk mencapai tujuan kita.

Namun, lain halnya dengan seorang nahkoda atau supir kapal. Karena mereka memilki alat-alat navigasi yang akan menuntun mereka untuk sampai pada tujuan. Mereka juga tidak akan tersesat walaupun mengarungi samudra ysng sangat luas dibumi ini.

Nah, alat-alat navigasi yang biasanya ada dikapal adalah sebagai berikut.

Kompas magnet.
Kompas magnet merupakan kompas utama untuk menentukan atau mencari arah diatas kapal. Namun, kompas ini harus selalu di periksa untuk memastikannya agar tidak terpengaruh oleh logam magnet yang ada disekitar kapal.

GPS (Global positioning System).
GPS merupakan alat elektronik yang biasanya ada di sebuah kapal. Alat ini membantu kapal untuk mengetahui posisinya berdasarkan derajat lintang dan bujur. Sehingga, kita bisa mengetahui posisi kapal dengan mudah di peta. Alat ini biasanya bekerja dengan bantuan satelit yang dapat merekam jejak lokasi kapal secara akurat.

Radar kapal / ship radar.
Radar juga merupakan alat yang juga penting dalam sebuah kapal. Karena, alat ini dapat mendeteksi objek dalam radius 5-100 mil. Alat ini bisa mendeteksi kapal lain, gunung laut, daratan, dan objek-objek lain yang ada didekatnya.

Nah, dengan bantuan alat-alat tadi, deorang nahkoda kalal tentu akan sangat mudah menentukan arah pelayarannya. Sehingga, mereka tidak akan tersesat untuk berlayar mengarungi samudra luas dan mencapai tujuannya.

Nah gimana ? Sudah jelaskan temen-temen. Tambahan dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini ya. Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Jangan lupa share dan baca bahasan kami yang lain ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *