Lanjut kemana setelah lulus D1, D2, D3, dan D4 ?


Temen - teman yang sedang menempuh atau yang telah lulus dari jenjang D1, D2, D3, dan D4 mungkin pernah bingung akan kemana selanjutnya. Nah, sebenarnya kemana saja kita bisa melangkah setelah lulus dari jenjang Diploma. Nah untuk itu, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk merangkum beberapa pilihan yang bisa kalian pilih setelah lulus dari program Diploma.

Untuk kalian ingat kembali, jika mahasiswa jenjang diploma memang di program untuk lebih mementingkan praktek ketimbang teori. Hal tersebut bertujuan untuk lebih menyiapkan lulusannya di lapangan kerja sesuai bidang atau jurusan nya. Sehingga, kalian lulusan diploma bisa langsung mencari kerja sesuai bidang kalian. Namun, apabila kalian ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, berikut akan sedikit kami jelaskan.

Jenjang/program D1.

Program D1 biasanya memang ditujukan untuk langsung bekerja. Namun, apabila anda ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kalian bisa juga mengambil jenjang D2, D3, D4, bahkan Sarjana (S1) sekalipun. Namun, tentu ada syarat - syarat tertentu yang harus dipenuhi. Termasuk tambahan SKS yang harus kita ambil. Bidang jurusan yang kita ambil pun sebenarnya harus sejalur dan tidak berbeda jauh.

Jenjang/Program D2.

Jika kalian telah lulus jenjang D2, harus nya kalian bisa langsung kerja sesuai bidang yang kalian ambil. Namun, kalian juga bisa melanjutkan studi kalian ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti D3, D4, atau bahkan S1 sekalipun. Namun tentu jika ingin melanjutkannya, bidang yang kalian pilih haruslah sama. Seperti sama - sama bidang ekonomi, komputer, dan lain sebagainya. Selain itu ada syarat - syarat yang harus kalian penuhi yang masing - masing peeguruan tinggi memilki syarat yang berbeda. Dan tentu saja menjalani tambahan kuliah.

Jenjang/program D3.

Jenjang D3 juga bisa melanjutkan ke jenjang D4 atau S1. Tentu saja dengan syarat sesuai perguruan tinggi yang kalian pilih. Sebaiknya tanyakan langsung ke pihak terkait. Melanjutkan D3 ke S1 juga akan mendapat SKS tambahan. Yang artinya kalian harus kuliah lagi. Biasanya kuliahnya selama 1 tahun. Tentu saja harus dalam ranah bidang yang nyambung atau sejalan.

Program/jenjang D4.

Program atau jenjang D4 bisa langsung melanjutkan ke jenjang S2 atau magister. Namun tentu ada syarat yang harus dipenuhi termasuk berkas - berkasnya. Mungkin ada juga yang perlu penyetaraan dengan S1. Selain itu, kalian juga bisa lanhsung kerja sesuai jurusan kalian. Karena mahasiswa D4 memang disiapkan untuk menjadi tenaga kerja professional di bidangnya.

Nah itu dia temen - temen beberapa pilihan yang bisa kalian ambil setelah lulus dari program diploma. Walaupun sebenarnya, program diploma bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja profesional di bidangnya, lulusan diploma juga bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, perlu kalian catat jika setiap perguruan tinggi menentukan syarat - syarat yang berbeda. Sehingga, kalian harus menanyakan ke pihak kampus terlebih dahulu.

Baik, terimakasih sudah membaca bahadan kami kali ini. Jangan lupa share dan baca bahasan menarik kami yang lainnya. Terimakasih sekali lagi :)

1 comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *