Macam - macam perguruan tinggi di indonesia.


Temen - temen yang berencana melanjutkan pendidikannya setelah lulus SMA tentu pernah memiliki perasaan bingung untuk memilih perguruan tinggi yang tepat untuk kalian. Nah untuk itu, tim info-MNarik akan mencoba untuk memberikan informasi jenis - jenis dan sedikit penjelasan tentang perguruan tinggi yang ada di indonesia kita ini. hal tersebut kami harap dapat membantu kalian mengenal dan menentukan perguruan tinggi yang tepat untuk kalian. Baik, berikut penjelasannya.

Sebenarnya, di negara indonesia ini hanya terdapat 5 jenis pendidikan tinggi atau perguran tinggi. 5 pendidikan tersebut adalah : Universitas, Institut, Sekolah tinggi, politeknik, dan Akademi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai kelima jenis pendidikan tersebut, berikut kami akan jelaskan satu persatu.

Universitas.

Universitas merupakan sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai bidaang keilmuan dan di kelompokkan menjadi beberapa fakultas didalamnya. Jadi, di dalam universitas ada berbagai macam jurusan atau program studi yang di kelompokkan menjadi beberapa fakultas. Contohnya adalah Universitas Trunojoyo Madura yang terdiri dari 7 Fakultas. Sedangkan pada tiap fakultas nya ada beberapa program studi. Contohnya pada Fakultas teknik ada jurusan Teknik informatika dan Teknik industri. Di universitas juga terdapat beberapa jenjang pendidikan. Seperti Sarjana (S1), Magister (S2), dna Doktor (S3). Ada juga Vokasi ( D1, D2, D3, dan D4) dan pendidikan Profesi. (kedokteran, Ners, Spesialis, dll).

Institut.

Institut merupakan perguran tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, dan juga profesi. Namun pada institut ini hanya akan terfokus pada satu bidang saja. Contohnya seperti Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Dari namanya saja, sudah kelihatan jika ITS berfokus pada bidang Teknologi. Sehingga, jurusan atau prodi yanf ada didalamnya akan berhubungan dengan teknologi saja. Dan perlu kalian ketahui jika didalam Institut juga memiliki beberapa fakultas.

Sekolah Tinggi.

Sekolah tinggi merupakan salah satu perguruan tinggi yang juga menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi dan profesi. Sekolah tinggi juga memiliki beberapa fakultas. Namun, Sekolah tinggi hanya berfokus pada salah satu bidang saja. Contohnya seperti STIE Perbanas yang merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Nah, dari nama sudah kelihatan jika Sekolah tinggi tersebut berfokus pada Ekonomi. Sehingga,jurusan - jurusan didalamnya tidak akan jauh - jauh dari bidang ekonomi.

Politeknik.

Politeknik merupakan sebuah perguruan tinggi yang biasanya hanya melaksanakan pendidikan Vokasi dan Profesi saja. Jadi politeknik tidak menyeelenggarakan pendidikan Akademik (S1, S2, dan S3). Selain itu, politeknik juga berfokus pada beberapa bidang saja di dalamnya. Politeknik berfokus pada pendidikan Vokasi (Diploma). Hal tersbut karena politeknik berfokus untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang tertentu. Sehingga lulusannya lebih siap bekerja. Karena lebih mengutamakan praktek ketimbang teori dalam proses pembelajarannya.

Akademi.

Akademi merupakan perguruan tinggi yang paling sempit bidang keilmuannya. Karena. Akademi hanya menyelenggarakan satu atau beberapa cabang ilmu saja. Contohnya seperti Akademi Kepolisian, akademi keperawatan, dan lain sebagainya. Akademi ini biasanya diselenggarakan oleh instansi tertentu saja.

Nah itu dia temen - temen beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di indonesia ini. Baik terimakasih, sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami kali ini. Apa bila ada yang kurang atau keliru, bisa kalian sampaikan pada kolom komentar atau laman kontak kami. Terimakasi sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *