Macam - macam jenjang kuliah di indonesia.


Setelah lulus SMA, temen - temen tentu akan melanjutkannya pada jenjang kuliah. Walaupun sebagian ada juga yang tidak melanjutkan nya ke jenjang kuliah. Seperti langsung kerja saja atau bahkan langsung menikah. Namun, kami disini akan sedikit menjelaskan beberapa jenjang kuliah bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan kalian agar kalian sedikit tau macam - macam jenjang kuliah di negara kita ini. Baik, berikut penjelasannya.

Perlu kalian ketahui, jika jenjang kuliah atau jenjang pendidikan setelah SMA, dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok saja. Yaitu pendidikan Vokasi/Kejuruan, Pendidikan Akademik, dan Pendidikan Profesional. Nah, untuk lebih jelasnya tentang ketiga jenis pendidikan tersebut, akan kami jelaskan satu per-satu di bawah ini.

Pendidikan Vokasi/Kejuruan.

Secara umum, pendidikan Vokasi/kejuruan merupakan program pendidikan yang mirip dengan SMK. Karena, pendidikan Vokasi/Kejuruan di maksudkan untuk menyiapkan setiap mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki keahlian profesional untuk diterapkan, dikembangkan, dan menyebarkan ilmu yang telah di dapat. Hal tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Jenjang pendidikan yang ada pada pendidikan ini adalah sebagai berikut.

  1. Diploma 1 (D1)
  2. Diploma 2 (D2)
  3. Diploma 3 (D3)
  4. Diploma 4 atau Sarjana Terapan (D4)
  5. Magister Terapan 
  6. Doktor Terapan 



Pendidikan Akademik.

Pendidikan ini merupakan pendidikan yang lebih fokus pada titik ilmiah ketimbang praktek. Sehingga mahasiswa diharapkan lebih mengerti konsep - komsep tertentu secara teori ilmiah. Mahasiswa - mahasiswanya diharapkan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni secara ilmiah di bidang yang telah mereka pilih. Beberpa jenjang kuliah yang masuk dalam pendidikan akademik ini dapat dilihat dibawah ini.

  1. Sarjana (S1)
  2. Magister (S2)
  3. Doktor (S3).


Pendidikan Professional.

Pendidikan professional atau profesi merupakan pendidikan tinggi yang merupakan lanjutan setelah pendidikan Sarjana. Pendidikan profesional ini bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang memiliki ke ahlian khusus seperti dokter. Beberpa jenjang pada pendidikan professional ini adalah sebagai berikut.

  1. Jenjang Profesi 
  2. Jenjang Spesialis 1 
  3. jenjang Spesialis 2 


Nah itu dia temen - temen beberpa jenjang kuliah yang ada di negara kita ini. Baik, semoga apa yang telah dibahasa di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Upa baca bahasan kami yang lainnya. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *