Apa perbedaan kuliah D1, D2, D3, dan D4 ?


Temen - temen tentu tau dan mungkin sudah sangat familiar dengan jenjang kuliah Diploma (D). Apalagi jenjang kuluah D3 dan D4. Namun, bagaimana dengan jenjang kuliah D1 dan D2 ? Mungkin sebagian dari kalian akan merasa asing. Nah untuk itu, kami, tim info-MNarik akan mencoba untuk memberikan beberapa perbedaan terkait ke empat jenjang yang sudah saya sebutkan tadi.

Untuk kalian ketahui, jenjang atau program kuliah Diploma (disingkat D) memang sama - sama memprogram mahasiswanya untuk lebih menekankan pada pembelajaran praktek ketimbang teori. Namun walaupun begitu,  tetap saja ada perbedaan antara jenjang D1, D2, D3, dan d4. Nah, untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan dalam beberapa bagian dibawah ini.

Lama kuliah atau belajar.

Sebenarnya, jumlah tahun kuliah pada jenjang kuliah Diploma ada pada nama jenjang itu sendiri. Yaitu angka dibelakang nama yang menjadi petunjuknya. Misalkan saja pada jenjang D1 yang biasanya di tempuh dalam jangka waktu 1 Tahun (2 Semester). Sedangkan pada jenjang D2, dapat di tempuh dalam waktu 2 Tahun (4 semester). Begitu pula pada jenjang D3 yang biasanya di tempuh dalam waktu 3 Tahun (6 Semester). Dan pada jenjang D4, biasanya di tempuh dalam waktu 4 Tahun (8 Semester). Namun, perlu kalian catat jika jumlah tahun diatas bisa saja bertambah apabila ada hambatan. Seperti mata kuliah mengulang, cuti, atau pengerjaan tugas akhir yang lebih lama.

Gelar yang akan di peroleh.

Walaupun sama - sama jenjang diploma, keempat macam jenjang tersebut memiliki gelar yang berbeda - beda bagi mahasiswanya. Bagi mahasiswa yang telah lulus jenjang D1, mahasiswanya akan menyandang gelar Ahli Pertama yang akan disingkat menjadi A.P. dibelakang nama penyandang. Kemudian, pada jenjang D2, nantinya akan mendapatkan gelar Ahli Muda yang akan disingkat menjadi A.Md. Di belakang nama. Kemudian, pada jenjang D3, nantinya akan mendapat gelar Ahli Madya yang akan disingkat menjadi A.Md. dibelakang nama penyandang. Terakhir, pada jenjang D4, lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Terapan yang akan disingkat menjadi S.Tr.  dibelakang nama. Perlu kalian ketahui, jika gelar - gelar diatas bisa saja berubah. Seiring dengan perkembangannya peraturan.


Perbedaan lainnya.

Semakin tinggi angka pada jenjang Diploma, maka semakin lama waktu tempuhnya. Selain itu, angka juga menunjukan tinggi derajat jenjang Diploma tersebut. Contohnya, jenjang D4 merupakan jenjang yangbpaling tinggi dari jenjang D3, D2, dan D1.

Nah itu dia temen - temen beberapa perbedaan beberapa jenjang pada Diploma, yaitu D1, D2, D3, dan D4. Jika ada kesalahan atau kekurangan, dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Atau juga bisa melalui laman kontak kami yang sudah di sediakan.

Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahassn kami yang lainnya. Dan jangan lupa share juga ya. Terimaksih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *