Mengapa satu hari ada 24 jam ?


Kita semua tau ya temen - temen. Jika dalam satu hari, terbagi menjadi 24 jam. Yaitu kurang lebih 12 jam siang dan 12 jam malam hari. Nah, pernahkah kalian berpikir mengapa dalam satu hari tersebut di bagi menjadi 24 jam ? Mengapa tidak dibagi menjadi 10 jam atau total 20 jam saja ? Nah, untuk menjawab hal tersebut, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya.

 Sebagian dari kalian tentu tau ya temen - temen. Jika satu hari matahari terbit dibagi menjadi 12 bagian. Begitu pula dengan malam hari yang akhirnya juga dibagi sebanyak 12 bagian. Yang total akhirnya menjadi 24 bagian alias 24 jam. Walaupun sebenarnya, 12 jak tadi memang tidak dijamin selalu presisi dan pas. Karena ada pengaruh musim juga.

Lalu mengapa dibagi menjadi 12 bagian ? Bukan 10 bagian ? Nah awal mulanya, yaitu karena peradaban zaman dahulu. Lebih tepatnya pada perdaban bangsa babilonia. Dimana bangsa tersebut menggunakan basis 12. Maksudnya basis 12 seperti basis 10 yang kita gunakan. Jadi, jika kita menggunakan basis 10 dalam perhitungan kita, maka berbeda dengan babilonia yang menggunakan basis 12.

Nah, dari peradaban babilonia dan peradaban - peradaban bangsa kuno lainnua tersebut, maka sampai sekarang siang hari tetap dibagi menjadi 12 bagian di tambah dengan 12 bagian pada malam hari yang menjadi total 24 bagian dalam satu hari. 24 bagian yang saya maksud adalah 24 jam pada saat ini.

Walaupun begitu, dulu pada tahun 1794 di prancis, pernah ada yang mengusulkan untuk mengganti menjadi 10 bagian seperti basis 10 yang sudah digunakan. Namun hal tersebut gagal. Karena, kebanyakan orang sudsh terbiasa dengan basis 12 tersebut. Dan juga beberapa alasan lain yang akan menyulitkan kita kedepannya.

Nah itu dia temen - temen beberapa alasan mengapa satu hari kita itu dibagi menjadi 24 jam. Yaitu diawali dari peradaban babilonia dan peradaban - peradaban bangsa kuno lainnya. Jadi sudah jelas ya temen - temen asal usul nya.

Tapi tapi, tunggu sebentar ya. Pembahasan diatas mungkin saja bisa salah. Karena, setelah saya membaca dan mencsri info, banyak sekali penjelasan yang berbeda. Namun, saya lebih yakin pada apa yang sudah saya jelaskan diatas. Namun, jika kalian puna penjelasan yang berbeda. Kalian bisa menulisnya pada komentar dibawah ini ya temen - temen.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahadan kami yang lainnya ya. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *