Mengapa dalam 1 jam ada 60 menit dan 1 menit ada 60 detik ?


Sedari kita kecil dan diajari berhitung, kita selalu di ajari basis 10. Yaitu dari 1 - 10. Hal tersebut dipakai hingga kita dewasa. Dimana saat menghitung kita memang biasa menggunakan basis 10 dalam kehidupan kita sehari - hari. Dan mungkin menjadi basis resmi dalam perhitungan internasional.

Namun, hal tersebut berbeda saat kita menghitung menit dan detik pada waktu. Dimana pada 1 jam ada 60 menit dan setiap menit ada 60 detik. Jenis perhitungan tersebut dinamakan dengan nama sistem perhitungan sexagesimal. Atau juga bisa disebut dengan basis 60. Lalu, kembali ke pertanyaan awal ? Mengapa basis 60 ? Bukan 10 ? Nah, berikut penjelasannya.

Jauh sebelum basis 60 ini digunakan oleh berbagai negara, sebenarnya perhitungan basis ini digunakan oleh bangsa babilonia. Dan alasan mengapa basis tersebut digunakan sampai sekarang, tentu karena kemudahannya dalam penggunaannya sehari - hari. Karena, 60 merupakan angka yang bisa di bagi oleh 6 angka pertama. Yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Dalam dunia matematika, angka 60 juga bisa disebut sebagai highly composite number, atau dengan kata lain angka 60 bilangan yang angka pembaginya/faktornya banyak, yaitu 1,2,3,4,5,6,10,12,15,20,30,60. Lalu, apa hubungannya mudah di bagi dengan kemudahan penggunaan dalam kehidupan sehari - hari ?

Jadi dalam kehidupan sehari - hari, kita dapat dengan mudah membaginya. Contih seperti : 1/2 jam = 30 mnt, 1/3 jam = 20 menit, 1/4 jam = 15 menit, dan seterusnya. Nah, sekarang bayangkan kalau satu jam = 100 menit, maka 1/3 jam = 33,333 menit kan temen - temen ? Tentu hal tersebut tidak efektif dalam penggunaan sehari - hari.

Namun sebenarnya, dulu pernah ada usulan pada tahun 1794 di Perancis, yaitu usulan untuk membagi waktu sehari menjadi 10 jam, 100 menit dan 100 detik berdasarkan sistem bilangan desimal seperti yang sudah digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Namun, tentu hal tersebut ditolak. Karena dengan alasan yang sudah saya jelaskan diatas tadi temen - temen.

Baik, semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share kepada temen - temen kalian ya temen - temen. Biar mereka tau apa yang sudah kalian tau. Oya, jangan lupa baca bahasan kami yang lainnya ya. Terimakasih sudah sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *