Bagaimana kaktus bisa bertahan di gurun yang kering dan gersang ?


Sedari kita belajar dari sekolah menengah pertama (SMP), atau bahkan sejak sekolah dasar (SD), kita sudah di ajari dan di beri tau jika kaktus merupakan tanaman khas daerah kering dan gersang seperti gurun pasir yang ada di timur tengah dan juga gurun yang laonnya.

Namun sebagai mahluk hidup, tentu kaktus juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Nah, pernahkah kalian sempat berpikur bagaimana kaktus bisa bertahan hidup di tempat yang kering dan gersang seperti gurun tersebut ? Nah untuk menjawab hal tersebut, tim info-MNarik akan mencoba membahasnya untuk kalian.

Kaktus sendiri biasanya identik dengan batang nya yang tebal dan memilik duri - duri kecil. Walaupun sebenarnya banyak sekali jenis - jenis kaktus yang beraneka ragam di bumi kita ini. Namun ciri umunya adalah memiliki batang yang tebal dan juga duri. Nah, ciri fisik tadilah yang merupakan rahasia dan alasan kaktus bisa bertahan di gurun yang gersang.

Nah, Maksud nya seperti apa ? Nah untuk lebih jelas nya dapat kalian simak pada penjelasan dibawah ini ya.

Duri merupakan modifikasi daun.

Kaktus memang dianggap berduri oleh sebagian orang. Namun, jangan salah ya temen - temen. Duri pada kaktus ini merupakan salah satu modifikasi dari daun yang biasanya ada pada tumbuhan.

Modifikasi tersebut tentu bertujuan untuk mengurangi penguapan air yang ada di dalam tumbuhan tersebut. Sehingga persediaan air dapat mencukupi kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang lama. Daun ini di dimodifikasi menjadi lebih kecil seperti duri. Sehingga mengurangi permukaan daun yang juga berfungsi untuk mengurangi penguapan.

Batang yang tebal dan berlapis jaringan lilin.

Seperti yang sudah saya jelaskan dan disebutkan diatas tadi, jika kaktus memiliki batang tebal yang merupakan tempat penyimpanan cadangan dan persediaan air dalam jangka waktu yang lama untuk kelangsungan hidupnya.

Selain itu, batang tebal tadi juga dilapisi jaringan lilin yang juga berguna untuk mengurangi penguapain air di dalam batang tadi. Sehingga persediaan air tersebut akan awet dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk kelangsungan hidupnya.

Akar yang panjang.

Akar dari kaktus ini juga turut berperan aktif dalam kelangsungan hidupnya. Dimana akar tersebut terus berkembang mencari sumber air di tanah dalam. Sehingga, kaktus akan dapat menjaga persediaan air didalam batang mereka yang tentu saja untuk kelangsungan hidup mereka di gurun yang begitu panas dan terik.

Nah, itu dia temen - temen beberapa alasan mengapa tumbuhan kaktus ini dapat bertahan hidup walaupun pada kondisi yang sangat ekstrim di gurun. Yaitu dengan modifikasi beberapa bagian yang bisa juga kita sebut sebagai penyesuaian diri terhadap lingkunhannya.

Baik, semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share pada temen yang lain juga ya. Agar mereka tau apa yang kalian tau. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lainnya ya. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *