Mengapa panci dan wajan bisa hitam setelah memasak ?


Bila kita pergi kedapur, mungkin kita akan melihat wajan dan panci akan tampak berwarna hitam. Terutama bagi kalian yang masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar memasak. Walau sebagian sudah banyak yang memakai gas, minimal pernah tau ya bagian belakang panci dan wajan yang hitam ya.

Namun dari kejadian tersebut, pernahkah kita berpikir atau penasaran. Sebenarnya, mengapa dan apa yang menyebabkan bagian belakang panci dan wajan tersebut bisa menjadi hitam setelah memasak ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Parlu kalian ketahui, pembakaran merupakan salah satu proses reaksi kimia. Salah satu tandanya adalah menghasilkan energi panas yang tentu saja kita gunakan untuk memasak makanan kita. Hal tersebut bertujuan untuk membunuh bakteri dan parasit yang ada didalam makanan kita.

Bila kita memasang menggunakan kayu, maka sebenarnya, kayu sedang bereaksi dengan api. Dimana dari proses reaksi tersebut nantinya akan menghasilkian carbon berupa arang. Selain itu, ada pula carbon yang berupa asap dengan butiran-butiran kecil.

Nah, karbon pada asap inilah yang nantinya akan menempel pada wajan. Tentu selama pemakaian beberapa kali tak akan berdampak banyak pada bagian belakang wajan dan panci kalian. Namun lama-kelamaan, tentu karbon tersebut akan menumpuk dan semakin menebal hingga menutupi seluruh bagian belakang wajan dan panci kalian.

Pembakaran pada kayu termasuk pembakaran yang tidak sempurna. Hal tersebut ditandai dengan warna api yang berwarna orange dan kemerehan hingga menghasilkan asap karbon tersebut. Hal yang sama juga terjadi pada kompor dengan bahan bakar minyak tanah.

Hal tersebut tidak terjadi pada kompor dengan gas LPG yang memiliki pembakaran yang sempurna dan efesien. Sehingga tidak menghasilkan asap karbon hitam seperti pada minyak tanah dan kayu.

Nah, gimana ? Sudah terjawab ya rasa penasaran kalian. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Mohon maaf apabila ada salah kata dan informasi. Jangan lupa share ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *