Meminjamkan smartphone untuk menenangkan anak kecil. Apakah bagus ?


Menjaga anak kecil memang memiliki tantangan tersendiri bagi sebagian orang tua maupun orang yang sedang dititipin anak kecil. Terlebih lagi saat kita memiliki kesibukan lain. Seperti bersih-bersih, memasak, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Maka anak kecil sering kali menganggu, rewel, atau malah main keluar rumah yang mungkin saja berbahaya. Apalagi kita tak selalu mengawasinya karena kesibukan kita tersebut.

Hal tersebut terkadang membuat kita ambil mudahnya saja. Yaitu dengan cara meminjamkan smartphone kita agar anak kecil tersebut bida tenang dan kita bisa mengerjakan kesibukan kita. Namun dari fenomena tersebut, apakah kalian tidak penasaran tentang dampaknya ? Apakah baik, atau malah buruk ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, banyak psikolog yang berpendapat jika pemberian gadget atau smartphone untuk anak tidaklah baik. Terutama bagi anak kecil yang masih berusia dibawah 5 tahun. Karena pemberian smartphone terlalu sering dapat membuat proses belajar anak terganggu.

Karena saat usia itulah anak kecil sedang belajar banyak hal dan tertarik terhadap hal baru disekitar lingkungannya. Dengan pemberian gadget terlalu sering, maka tentu akan membuat anak kecil tidak memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih motorik, persepsi visual spasial, dan sensori nya.

Anak pada usia 5 tahun keatas juga akan memiliki dampak negatif apabila terlalu sering memainkan gadget. Karena akan menghambat proses belajar rasa sosial mereka. Karena saat umur 5 tahun keatas, anak kecil akan mulai mengenal teman dan pergaulan. Saat itulah anak akan belajar bagaimana cara berteman yang baik.

Selain itu, anak kecil yang  telah kecanduan gadget biasanya akan malas. Karena mereka lebih seru sendiri dan sibuk dengan gadgetnya. Mereka akan malas mengerjakan tanggung jawab mereka. Seperti mengerjakan PR, belajar, membersihkan kamar, ikut les, dan tanggung jawab lainnya.

Sebenarnya, Orang tua sah-sah saja meminjamkan smartphone nya untuk menenangkan anak nya yang sedang rewek. Namun tentu saja jangan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama hingga membuat anak kecanduan. Serta pastikan anak kecil tidak mengakses internet secara bebas ya.

Jadi, berilah pinjaman gadget untuk anak saat memang benar-benar dibutuhkan dan tentu tidak terlalu sering. Alangkah baiknya untuk mengalihkannya pada kegiatan luar ruangan yang melatif kemampuan anak dan rasa bersosial mereka.

Gadget juga tidak sepenuhnya negatif. Karena dengan gadget kita bisa belajsr banyak hal dan hal baru. Tentu saja harus didampingi dan pengawasan ya temen-temen. Jangan sampai tidak ada pengawasan dan anak kecil bebas mengakses apapun diinternet.

Baik, semoga bahasan kami diatas daoat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *