Apa benar indonesia dijajah selama 350 tahun ?


Temen-temen tentu pernah dengar ya jika negara kita, indonesia ini telah dijajah selama 350 tahun.  informasi tersebut mungkin kita dapatkan saat kita sekolah dulu. Baik saat SD, SMP, ataupun saat sekolah SMA. Saat itu, mungkin kita percaya-percaya saja ya temen-temen. Walau seakan mengagetkan dengan waktu yang sangat lama seperti itu.

Namun saat dewasa seperti sekarang, informasi tersebut mungkin membuat kita penasaran dan bertanya-tanya. Apa benar negara kita ini dijajah selama 350 tahun ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, dulu setelah indonesia merdeka, presiden soekarno hatta kala itu pernah berpidato dan menyebut jika indonesia telah dijajah selama 350 tahun. Sejak saat itulah banyak majalah. Sejarah, dan orang-orang menyebut jika negara kita telah dijajah selama 350 tahun.

Namun bila kita telit dan kita hitung secara benar adanya serta berdasar hukum dan sejarah, indonesia sebenarnya tidak dijajah selama 350 tahun. Hal tersebut telah dibuktikan oleh studi seorang ahli hukum keturunan Belanda dan Jawa yang bernama Gertrudes Johan Resink.

Pernyataan dijajah selama 350 tahun tersebut populer kala itu karena kurikulum pendidikan saat itu menyebut dan menanamkan anggapam jika belanda telah menguasai hindia belanda satu indonesia selama 300 tahun. Hal tersebut bertujuan untuk mengambil kekuasaan belanda di indonesia yang sempat diambil alih oleh inggris.

Belanda berpendapat jika indonesia telah di kuasai belanda sejak kedatangan Cornelis De Houtman. Padahal, Cornelis De Houtman datang ke nusantara pada tahun 1596 hanya bertujuan untuk berdagan rempah-rempah saja tanpa ada niatan untuk menjajah negara kita.

Nah, belanda mulau menjajah negara kita saat mendirikan VOC pada tahun 1602. Jadi, jika dihitung sejak tahun tersebut, dan diganti Inggris selama 5 tahun, hingga dilanjutkan kembali oleh Belanda sampai tahun 1942, dan terakhir, dilanjutkan oleh Jepang hingga 1945. Maka jumlahnya, Indonesia hanya dijajah selama 343 tahun saja.

Walaupun hampir menyentuh angka 350 tahun, tapi anggapan jika indonesia telah dijajah selama 350 tahun oleh belanda itu kuranh tepat dan mungkin saja salah. Jadi, jangan sampai keliru lagi ya temen-temen.

Baik, semoga bahasan kita diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Bila ada pertanyaan lain, sampaikan pada kolom komentar ya. Mohon maaf apabila ada salah kata. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *