Apa dampak setelah indonesia menjadi negara maju ?


Seperti yang kita ketahui dan kita pelajari saat kita sekolah, negara kita indonesia ini merupakan negara yang masih berkembang. Artinya, negara kita masih terus berbenah diri dan tak henti membangun agar rakyatnya makmur seperti kebanyakan negara maju yang memiliki tingkat kemisikinan yang kecil.

Namun taukah kalian, jika negara kita indonesia ini telah dicoret dari daftar negara berkembang oleh amerika serikat ? Penetapan atau pencoretan ini terjadi sekitar akhir bulan Februari tahun 2020 lalu. Nah, dari hal tersebut, pernahkah kita berpikir atau penasaran. Setelah negara kita ditetapkan menjadi negara maju, apa dampaknya bagi negara kita ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, pencoretan indonesia dari daftar negara berkembang dilakukan oleh negara Amerika. Jadi, indonesia dipandang negara maju oleh Amerika saja. Ya walaupun, tidak menutup kemungkinan indonesia juga dipandang sebagai negara maju oleh negara lain.

Negara kita sebenarnya tidak sendirian dalam pencoretan ini. Karena, ada beberapa negara lain di coret juga dari daftar negara berkembang. Seperti Albania, Argentina, Armenia, Brazil, Bulgaria, Cina, Kolumbia, Kosta Rika, Georgia, Hongkong, India, Kazakhstan, Republik Kyrgyzstan Malaysia, Moldova, Montenegro, Makedonia Utara, Rumania, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand,Ukraina, dan Vietnam.

Efek langsung dari pencoretan tersebut adalah,  barang indonesia yang dijual ke Amerika serikat akan memiliki pajak yang cukup tinggi. Sehingga, barang indonesia yang dijual di amerika akan menjadi lebih mahal dari sebelumnya. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi daya saing produk indonesia dengan produk lain di amerika.

Efek tidak langsung nya mungkin akan berpenharuh pada penjualan produk indonesia yang mungkin saja akan menurun karena adanya kenaikan harga akibat tambahan pajak oleh pemerintah amerika. Hal tersebut tentu akan berdampak pada pendapatan pengusaha indonesia.

Namun, efek-efek tersenur kita harapkan tidak terjadi ya temen-temen. Semoga produk-produk indonesia tetap bisa bersaing di amerika sana. Sehingga, pencoretan tersebut tidak akan berdampak besar bagi perekonomian negara kita.

Namun, bila kita lihat pada kenyataan, tentu kita tidak setuju jika indonesia di tetapkan sebagai negara maju. Karena, masih banyak persoalan yang harus dibenahi. Seperti memperbaiki dan memajukan sistem perekonomian kita. Memperbaiki sarana kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur lain. Selain itu, indonesia perlu membuat pemerataan pendidikan dan kesenjangan sosial. Serta mengurangi angka kemiskinan.

Namun, amerika serikat punya pandangan yang berbeda hingga mencoret indonesia dari daftar negara berkembang. Indonesia ternyata mampu mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari penjualan produknya bila dibandingkan dengan produk amerika yang dijual di indonesia. Hal tersebutlah yang membuat amerika khawatir dan mencoret indonesia dari daftar negara berkembang versi mereka.

Nah, itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *