Bagaimana cara sebuah negara bisa menjadi negara maju ?


Sejak lama, mungkin kita sudah sering mendengar tentang negara maju dan juga negara berkembang. Baik saat masih belajar disekolah, atau saat kita melihat Televisi. Negara maju dan berkembang sebenarnya merupakan sebutan saja untuk sebuah negara. Namun, sebutan tersebut biasanya menggambarkan kondisi negara itu sendiri.

lalu sebenarnya, apa yang membedakan negara maju dan berkembang ? Bagaimana sebuah negara bisa disebut sebagai negara maju ? Nah, bagi kalian yang penasaran tentang sebutan tersebut, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, negara berkembang merupakan negara yang masih dalam tahap perkembangan untuk menjadi negara yang lebih baik. seperti negara maju. pada umumnya, negara berkembang masih berusaha untuk membangun fasilitas publik yang lebih baik. seperti jalan, bandara, jalan tol, pelabuhan, dan pembanguna-pembangunan lainnya.

Dengan membangun banyak fasilitas tersebut, nantinya negara berkembang bisa dikatakan maju. dimana pada negara maju, biasanya memiliki fasilitas lengkap. seperti rumah sakit bagus, sekolah bagus, dan tentu saja perekonomian yang sangat baik. karena dengan perekonomian yang baik membuat rakyatnya memiliki pendapatan dan kehidupan yang baik.

Nah biasanya, sebuah negara akan dikatakan maju apabila telah memenuhi syarat-syarat atau beberapa indikator dibawah ini.

  • Rata-rata penduduknya memiliki pendidikan yang tinggi.
  • Penduduknya mempunyai angka harapan hidup lebih dari 70 tahun.
  • Angka kematian bayinya kurang dari 35 jiwa tiap 1000 penduduk.
  • Tenaga kerjanya telah digunakan secara efektif. sehingga memiliki angka pengangguran sangat kecil.
  • Angka kemiskinan penduduk yang sangat rendah.
  • Fasilitas pendidikan, infrastruktur perekonomian, kesehatan sudah memadai.
  • Pendapatan negara yang sudah tinggi.
  • Memiliki sistem perekonomian kuat dimata dunia.
  • Rata-rata pendapatan penduduknya tinggi.
  • Mata pencaharian penduduknya sebagian besar pada sektor industri.
  • Dalam perdagangan barang-barang yang diekspor adalah hasil industri.
Namun sebenarnya, syarat sebuah negara menjadi negara maju tidak ada spesifik yang jelas. namun biasnya, kehidupan masyarakatnya sangatlah baik dengan ditandai kecilnya angka kemiskinan dinegara tersebut. hal tersebut bisa terjadi karena pendidikan atau ilmu pengetahuan penduduknya tinggi serta sistem perekonomian negaranya sudah bagus dan memiliki pendapatan yang tinggi dari pajak dan juga pendapatan lainnya.

Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. kalian juga bisa menyampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dibawah ini ya. jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *